Berbahaya, Jangan Tinggalkan 5 Barang Ini di Mobil

Oleh Liputan6.com pada 26 Sep 2019, 04:01 WIB
Diperbarui 28 Sep 2019, 02:13 WIB
Nissan Livina

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, mobil dapat dianggap sebagai rumah kedua. Hal tersebut dikarenakan banyaknya waktu yang dihabiskan dalam mobil untuk perjalanan. Seringnya frekuensi penggunaan mobil, membuat beberapa pengendara meninggalkan sejumlah barang di dalam kendaraan agar tidak repot saat ingin memakainya kembali.

Namun, pengendara perlu menyadari bahwa saat mobil ditinggal dalam waktu yang cukup lama, suhu di dalam mobil akan meningkat drastis terutama di bawah sinar matahari. Suhu tinggi ini dapat membuat beberapa jenis barang yang ditinggal di dalam mobil mengalami kerusakan. Dilansir Hyundaimobil.co.id, berikut lima jenis barang yang tidak boleh ditinggal di dalam mobil.

1.Korek Gas

Korek gas biasanya memiliki wadah yang berbahan plastik. Saat terkena panas maka tekanan gas bisa meningkat dan melelehkan plastik. Dalam kondisi panas yang sangat tinggi, korek gas yang mudah terbakar bahkan bisa meledak dan menyebabkan kerusakan pada mobil.

2.Peralatan Elektronik

Laptop, handphone, dan peralatan elektronik lainnya kadang tertinggal di dalam mobil. Benda-benda elektronik tersebut biasanya tidak tahan terhadap suhu panas yang berlebih terutama pada baterai yang rentan mengalami kebocoran. Apabila ditinggal terlalu lama dalam mobil, bukan tidak mungkin peralatan tersebut akan mengalami kerusakan permanen.

 

2 of 3

3.Benda Berbahan Plastik

Benda berbahan plastik rentan meleleh saat terkena suhu panas tinggi. Salah satu barang berbahan plastik yang seringkali ditinggal adalah botol air mineral. Tak hanya meleleh, reaksi kimia yang terjadi antara panas matahari dan bahan plastik dapat membuat air di dalam botol menjadi tidak sehat.

4.Barang yang Mudah Meleleh

Dengan suhu yang tinggi, barang-barang dengan memiliki bahan mudah meleleh akan mudah terpengaruh. Barang-barang seperti lipstik, crayon atau makanan seperti coklat dan es krim ada baiknya jangan ditinggal dalam mobil. Suhu panas dapat membuat barang-barang tersebut meleleh dan bisa jadi mengotori interior mobil.

5.Minuman Bersoda

Menyediakan sekaleng minuman bersoda di dalam mobil mungkin berguna saat ingin melepas dahaga. Namun, apabila tertinggal maka bisa jadi menimbulkan masalah. Suhu panas dapat menyebabkan menumpuknya tekanan yang berakibat pada meledaknya kaleng minuman bersoda.

Penulis: Khema Aryaputra

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by