Mobil Listrik Terbaru BMW Akan Berbasis Seri 7?

Oleh Liputan6.com pada 25 Sep 2019, 14:01 WIB
Mobil Mewah BMW Hiasi Panggung GIIAS 2019

Liputan6.com, Jakarta BMW dikabarkan sedang menyiapkan mobil listrik terbaru yang berbasis Seri 7, yaitu i7. Diprediksi, model tersebut akan memiliki 2 varian, yaitu i7 dan i7s.

Dilansir BMWBlog, gosip mengatakan, BMW tengah melakukan pengujian dari mobil listrik Seri 7 atau dikenal dengan i7. Seperti disebut, ada dua varian. Yang dasar atau i7 saja, diperkirakan menggendong baterai 100 kWh dan motor elektrik berdaya 550 Tk. Berkat itu, kemampuan menjelajahnya bisa sampai 520 km.

Sementara i7s dilengkapi paket baterai 120 kWh dan daya tempuh sampai 600 km. Paling menarik, performanya. Diprediksi motor elektriknya menyemburkan daya 670 Tk. Kalau benar, angka itu menjadikan i7s sebagai Seri 7 dengan output tenaga terbesar yang pernah diproduksi.

Menganut pola sistem penggerak empat roda. Berarti, motor elektrik tersedia untuk roda depan dan belakang. Sebelumnya, sudah pernah dipublikasikan, BMW punya sistem electric drive generasi ke-5, yang diklaim mampu mengirimkan tenaga sampai 720 Tk. Arsitekturnya ringkas dan modular, menggabungkan motor elektrik, transmisi dan power control unit dalam satu rumah. Jadi, sistem gerak empat rodanya menggunakan dua motor di belakang dan satu di depan.

Penamaan i7 nampaknya pas, sebagai pembeda mobil listrik, konvensional, dan hybrid. Pasalnya, BMW tetap menawarkan lini Seri 7 dengan mesin konvensional dan hybrid. Untuk varian hybrid, kabarnya punya tenaga 560 Tk dan torsi puncak 800 Nm. Varian modelnya ada plug-in hybrid dan mild hybrid. Semua itu, masih dapat berubah. Karena generasi berikutnya dari keluarga Seri 7 baru bisa muncul sekitar akhir 2021 atau awal 2022. Kemungkinan besar, mobil konsepnya dulu yang muncul pada 2020.

 

2 of 3

Mobil Listrik Murni

Grup BMW sendiri saat ini sudah punya sejumlah mobil listrik murni, meski belum bisa dibilang banyak. Mobil perkotaan i3 dan i3s jadi satu-satunya andalan BMW. Sampai Mini membuka tirai untuk Mini 3 Pintu berjantung elektrik, yang baru mulai dikirim ke konsumen tahun depan. Kalau hybrid sudah banyak. Bahkan sportscar i8 salah satu yang jadi andalannya.

Termasuk di Indonesia. Urusan hybrid, yang jadi andalan adalah i8 coupe dan roadster. Sementara pada GIIAS 2019 lalu, BMW Group Indonesia menawarkan mobil listrik i3s untuk Indonesia. Meski regulasi belum pasti, konsumen sudah bisa menikmati berkendara tanpa suara dan emisi dengan BMW i3s.

Sumber: Oto.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓