Mobil Listrik Terbaru Nissan Akan Berwujud Crossover

Oleh Liputan6.com pada 25 Sep 2019, 10:02 WIB
Nissan IMx pada Tokyo Motor Show 2017

Liputan6.com, Jakarta - Nissan akan memperkenalkan mobil listrik terbaru yang berwujud crossover. Mobil listrik tersebut akan melengkapi pilihan mobil listrik Nissan.

Dilansir autonews.com (24/09), Nissan dikabarkan mengenalkan produk anyar itu ke para dealer di Amerika Serikat. Crossover, digambarkan dealer, memiliki proporsi eksterior seperti Rogue, tapi kelegaan interiornya menyerupai Murano. Desain kabinnya membawa aura futuristis, bahkan tak mirip dengan model lain yang beredar di pasaran saat ini. Lalu ada dasbor digital yang tampak tersembunyi. Ia baru menyala ketika mobil di-starter. Prediksinya, mobil berbahan bakar ramah lingkungan Nissan, berada di pasaran pada akhir tahun depan sebagai model 2021.

Bila benar IMx menjadi basisnya, performanya bakal mumpuni. Mobil konsep IMx mengusung desain dengan pusat gravitasi rendah. Jeroannya ditopang empat motor, yang ditempatkan masing-masing dua di depan dan belakang. Artinya, ia mengaplikasikan sistem penggerak empat roda. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 425 PS dengan momen puntir tertinggi 700 Nm.

Dapur pacu itu mampu melesatkan Nissan IMx dari posisi nol ke 100 kpj kurang dari 6 detik. Suplai tenaga berasal dari baterai yang mengizinkan mobil melaju sejauh 600 km. Angka ini jauh di atas Leaf yang dapat bertualang hingga 363 km dan waktu tempuh nol ke 100 kpj dalam 6,8 detik.

 

2 of 3

Fitur Canggih

Kemungkinan fitur ProPilot 2.0 yang dikembangkan Nissan turut dipasang. Teknologi yang saat ini baru tersedia di Jepang ini, memungkinkan mobil berkendara secara otomatis. Pengemudi tak perlu memegang kemudi lagi, ia pun sudah bisa melaju di jalan, khususnya jalur bebas hambatan. Bahkan teknologi ini dapat membantu mencari pintu keluar tol sendiri atau menyalip kendaraan di depan. Namun, sebelum perangkat diaplikasikan, pabrikan asal Jepang ini, harus melakukan pemetaan jalan secara presisi.

Rumor lainnya, teknologi dari filosofi Nissan Intelligent Mobility juga diaplikasikan. Lebih canggih lagi, lantaran mobil bisa bergerak sendiri tanpa adanya penumpang di dalam. Penumpang bisa turun di lobi gedung, kemudian membiarkan mobil mencari parkir sendiri. Begitu juga sebaliknya saat menjemput penumpang. Cukup dipanggil menggunakan aplikasi dari smartphone. Walau terlihat sangat menarik, sayangnya belum ada konfirmasi dari pihak Nissan terkait kehadiran crossover elektrik itu. 

Sumber: Oto.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓