Beralih ke Listrik, Honda Bakal Setop Penjualan Mobil Diesel

Oleh Arief Aszhari pada 25 Sep 2019, 07:02 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 07:17 WIB
Logo Honda Motor Co.

Liputan6.com, Jakarta - Honda akan berhenti menjual kendaraan dieselnya di pasar Eropa dua tahun lagi, atau pada 2021. Keputusan ini dibuat pabrikan asal Jepang tersebut, sebagai langkah untuk beralih ke pasar kendaraan listrik pada 2025.

Melansir Asia Nikkei, Honda akan menghentikan penjualan mobil diesel dari Civic dan HR-V untuk pasar benua biru. Peralihan ini akan berakhir pada saat pabrik perakitan di Inggris tutup pada 2021.

Langkah Honda ini juga menyusul pengumuman yang dilakukan pada 2017 oleh Volvo Cars yang sudah menghentikan pengembangkan mesin diesel generasi berikutnya. Selain itu, Volkswagen juga telah menunjukkan pengurangan dalam proses pengembangan mobil berbahan bakar solar ini.

Sementara itu, Honda membayangkan mobil hybrid atau listrik sepenuhnya bisa terjual dua per tiga dari pasar global pabrikan berlambang huruf H ini pada 2030. Honda berencana untuk menjual semua mobil listrik yang akan dijual pada 2025.

Sebagai informasi, kendaraan diesel telah menikmati permintaan yang terus menerus di Eropa untuk emisi yang lebih ringan, dan biaya perawatan yang lebih rendah. Namun, dengan skandal kecurangan emisi Volkswagen pada 2015 membawa pengaruh buruk pada mesin diesel.

Kendaraan diesel sendiri banyak dijual oleh jenama asal Negeri Matahari Terbit di India dan Asia Tenggara, tetapi terlihat untuk meningkatkan jumlah kendaraan listrik di kedua pasar tersebut sambil membatasi penjualan diesel.

2 of 3

Ini Mobil Listrik Terbaru Honda

Honda XN-V
Honda XN-V

Perusahaan otomotif asal Jepang, Honda secara resmi meluncurkan mobil konsep XN-V, di ajang Auto Shanghai, Cina, Selasa 16 April 2019. Tampil perdana, mobil konsep tersebut dirancang oleh Honda Motor China Technology Co., Ltd bersama Dongfeng Honda.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, Honda mengaku mobil terbaru miliknya ini siap diproduksi massal khusus pasar Cina pada semester kedua tahun ini.

 

 
 

 

Tak hanya itu, perusahaan berlambang huruf 'H' tersebut juga meluncurkan mobil ramah lingkungan lainnya, yakni Honda Odyssey Hybrid. Siap diproduksi oleh GAC Honda, Honda Odyssey Hybrid akan segera dipasarkan di Cina pada akhir April 2019.

Pengunjung booth Honda dalam pameran tersebut juga bisa merasakan pengalaman menggunakan generasi kedua Honda CONNECT, yakni sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai lokasi pom bensin terdekat, melakukan booking service di bengkel dan mengecek rekam jejak servis berkala.

Tahun lalu, Honda telah mengumumkan visinya mengenai mobil listrik di Cina, dengan meluncurkan lebih dari 20 model mobil listrik hingga tahun 2025.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓