Sukses

Asap Putih Keluar dari Knalpot, Kenali Masalahnya

Sepeda motor menjadi alat transportasi andalan masyarakat Tanah Air karena dinilai memiliki beragam keunggulan. Tapi jika motor mengeluarkan asap putih dari knalpot, Anda harus mengetahui masalahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor menjadi alat transportasi andalan masyarakat Tanah Air karena dinilai memiliki beragam keunggulan. Digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari, perawatan rutin harus diperhatikan karena berkaitan langsung dengan umur kendaraan.

Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan, ada beberapa tanda kendaraan sudah memasuki usia senja, salah satunya asap putih yang keluar dari knalpot motor.

"Usia motor itu tergantung dari perawatannya. Jadi memang enggak bisa dipastikan. Salah satu tanda yang sering ditemui apabila motor tidak dirawat dengan baik ialah gas buang motor ada asap putih dan suara," kata Endro.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan asap putih keluar dari knalpot. Namun, jika asap yang keluar sangat banyak dan berlangsung terus menerus masalah terdapat pada silinder.

"Jadi pergantian saringan udara motor yang tidak teratur bahkan tidak pernah diganti mengakibatkan kotoran masuk ke ruang bakar. Hal ini menyebabkan keausan silinder," ujar Endro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oli Mesin

Pemilik kendaraan juga dihimbau Endro untuk rajin melakukan pergantian oli. Apabila pemilik kendaraan malas dan tidak memperhatikan hal ini, bukan tidak mungkin masalah akan semakin menyebar dan merusak komponen lain.

"Bisa jadi volume oli mesin berkurang karena tidak diperhatikan sehingga keausan pada mesin timbul. Nantinya bisa juga motor brebet dan akhirnya lemot untuk akselerasi," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.