Sukses

Daihatsu Sigra Termurah Dibanderol Rp114 Juta, Seperti Apa Fiturnya?

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya memang produk kembar. Namun, Daihatsu Sigra punya pilihan mesin 1,0 liter yang dibanderol Rp114 juta OTR Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Sigra dan Toyota Calya memang produk kembar. Namun, Daihatsu Sigra punya pilihan mesin 1,0 liter yang dibanderol Rp114 juta OTR Jakarta.

Sigra tipe D ini merupakan varian termurah, meski ada perubahan wajah, tak ada fitur tambahan. Lantas apakah Sigra termurah itu layak dibeli? Kita lihat spesifikasi dan kelengkapannya.

Daihatsu Sigra D, mengadopsi mesin 3-silinder 998 cc VVT-i. Tenaganya 66 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm di 4.400 rpm, disalurkan melalui transmisi manual 5-speed. Soal performa tak dipermasalahkan. Sudah terbukti pada Xenia sebelumnya, yang juga pernah dibekali mesin serupa. Malah dengan mesin kecil, bisa mengejar efisiensi bahan bakar lebih irit.

Tinggal kelengkapannya. Dari eksterior, banyak kekurangan pada Sigra tipe D. Memang terkesan seadanya, biar harga bisa semurah mungkin. Misal, pelek kaleng 13 inci yang terbuka begitu saja. Tanpa ada dop atau penutup. Secara estetika, jelas minus. Fitur mud guard baru juga tidak diberikan pada tipe D.

Interior Daihatsu Sigra banyak yang dipangkas sejumlah kelengkapan standarnya. Tak ada arm rest, jok depan menyatu headrest-nya, tak ada lampu kabin belakang, MID, tachometer dan indikator ECO. Kompartemen penyimpanan pun dikorbankan. Kalau Sigra facelift menambah smartphone pocket di dasbor, tipe D tidak punya itu. Bahkan kantong penyimpanan di belakang kursi depan tidak disertakan sama sekali.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minim Fitur

Untungnya, masih ada head unit 1-DIN yang bisa memainkan radio atau terhubung dengan kabel USB dan AUX. Sayangnya, cuma ada dua speaker di depan. Penyejuk kabin juga sudah ada. Sedang power window cuma untuk pengemudi, sisanya masih harus memutar engkol.

Fitur safety sangat minim. Kantong udara baru tersedia pada Sigra tipe X. Sedang tipe termurah, cuma mengandalkan sabuk keselamatan saja. Sensor parkir, immobilizer, dan remote terintegrasi kunci absen untuk tipe D. Tapi pengereman, sudah standar dengan rem cakram di depan.

Kalau disimpulkan, dengan bekal fitur dan penampilan seadanya, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli Sigra tipe D. Sepertinya, Sigra D ditawarkan untuk keperluan fleet belaka. Soal performa memang bisa diterima. Yang tak bisa dikompromi, fitur safety.

Sementara, kalau memang budget-nya hanya pas untuk membeli Sigra tipe D, bisa mencari alternatif. Misalnya, Xenia kondisi bekas. Tinggal cari yang tahun, kondisi dan harga sesuai. Malah bisa lebih bebas memilih Xenia yang fiturnya lebih baik. Selain itu, Xenia juga punya mesin lebih besar dan bertenaga. Jadi lebih bisa diandalkan kala kabin terisi penuh.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.