Sukses

Cara Mudah Mengetahui Kondisi Aki yang Harus Segera Diganti

Mobil tak menyala saat distarter umumnya disebabkan kondisi aki kendaraan yang sudah mulai soak atau usang. Kondisi ini tentu menyulitkan pemilik kendaraan apabila terjadi di tengah perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Mesin mobil tak langsung hidup saat distarter umumnya disebabkan kondisi aki kendaraan yang sudah mulai soak atau usang. Kondisi ini tentu menyulitkan pemilik kendaraan apabila terjadi di tengah perjalanan.

Agar situasi ini tidak Anda alami, pemilik kendaraan sebaiknya selalu waspada dan memperhatikan kondisi aki. Terdapat beberapa ciri bila komponen ini sudah mulai soak.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, berikut ciri-ciri aki mobil sudah mulai soak atau minta segera diganti:

Saat kendaraan sudah mulai sering sulit di-starter, Anda sebaiknya mulai memeriksa komponen ini. Biasanya, mobil akan langsung menyala saat distarter sebanyak satu kali atau dua kali.

Apabila starter harus dilakukan sampai tiga kali atau lebih baru bisa menyala, Anda sebaiknya segera mengecek kondisi aki atau melakukan pergantian.

Tanda lain aki sudah mulai rusak ialah nyala lampu mobil sudah tidak seterang biasanya dan klakson tidak lagi senyaring seharusnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Tanda-tanda Tersebut Muncul?

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengingat sudah berapa lama aki tidak mengalami pergantian, apabila sudah lebih dari 10 bulan, bisa jadi kendaraan sulit dihidupkan karena aki harus mengalami pergantian.

Namun jika aki baru saja diganti atau digunakan, kerusakan mungkin terjadi pada komponen lain. Selain itu, cek indikator yang terdapat pada aki untuk memastikan apakah komponen ini masih bekerja secara maksimal.

Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak. Tapi jika indikator berwarna putih, maka aki harus segera di-charge dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini