Sukses

Mazda Siap Pamer Mobil Listrik Bulan Depan

Mazda akan pamer mobil listrik penuhnya tersebut di Tokyo Motor Show (TMS) 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Mazda memang bukan pelopor dalam perkembangan kendaraan listrik, setelah sebelumnya bersikeras masih ada banyak kehidupan untuk mesin konvensional. Namun, produsen mobil yang bermarkas di Hiroshima ini akan melompat menuju mobil listrik penuh.

Dillansir Automotive News, Mazda akan pamer mobil listrik penuhnya tersebut di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, yang berlangsung bulan depan.

Menurut Juru Bicara Mazda, Yoshikazu Nagai, Mazda telah menyiapkan prototipe kendaraan listrik untuk dicoba. Bahkan, pabrikan asal Jepang ini sudah berencana untuk menjual mobil ramah lingkungannya ini tahun depan. Hal tersebut, sesuai dengan yang sebelumnya dikutip dari CEO Mazda, Akira Marumoto, yang mengatakan Mazda akan memperkenalkan mobil listrik pertamanya tahun depan, sebelum menjual versi plug-in hybrid pada 2021 atau 2022.

Dari informasi yang beredar,teknologi listrik ini akan terbenam di crossover CX-30 dengan striker Mazda e-TPV (Teknologi Prove-Out Vehicle). Namun, yang bakal dikenalkan di TMS 2019 bakal hadir sebagai model yang benar-benar baru.

Dari laporan tersebut juga dikatakan, mobil listrik ini akan dibekali baterai berkapasitas 35,5 kWh, yang mampu menghembuskan daya hingga 140 Tk (105 kw) dan torsi 264 Nm.

Model listrik Mazda ini dikembangkan oleh internal, dan di luar dari proyek pengembangan kendaraan listrik yang dilakukan bersama Toyota, Subaru, Suzuki, dan pemasok komponen Toyota Denso.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Listrik Perdana Mazda Tertangkap Kamera

Mazda sepertinya sudah tidak alergi lagi dengan mobil listrik. Foto mobil listrik pertama mereka sudah bisa dilihat. Mobil itu mirip CX-5 dan CX-3, tertangkap kamera amatir tengah diuji di Norwegia.

Seperti dilaporkan situs electrek.co, produk perdana Mazda berjantung elektrik itu sangat mirip CX-5. Tapi dibalut warna gelap seluruh bodinya. Saat diteliti, tidak ada corong knalpot di buritan.

Serta ada tonjolan di atas fender roda belakang kanan. Menurut narasumber yang mengambil foto, mobil itu juga terdengar seperti mobil listrik pada umumnya. Yang berarti tak bersuara, seperti mobil Mazda yang memakai mesin konvensional Skyactiv.

Namun hanya itu informasi yang tersedia saat ini. Tak ada detail lain yang disajikan. Bahkan dari Mazda sendiri, belum ada informasi resmi yang dilempar. Ekspektasinya, akhir tahun ini, ada informasi soal mobil listrik Mazda.

Sedang perkenalan dan peluncuran terjadi tahun depan. Informasi itu diungkap langsung oleh CEO Mazda, Akira Marumoto.

Dilansir dari Autonews Eropa, Marumoto berkata, mobil listrik pertama Mazda dengan baterai muncul tahun depan. Kemudian disusul model plug-in hybrid (PHEV) pada 2021 dan 2022.

Dipastikan produk elektrifikasi mereka, bukan khusus pasar Eropa, tapi merupakan produk global. Menariknya, Mazda juga punya target menjadikan semua lini mereka berjantung elektrik dan hybrid pada awal 2030.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.