Tak Semua Pelek Racing Bisa Gunakan Ban Tubeless, Ini Alasannya

Oleh Dian Tami Kosasih pada 15 Sep 2019, 18:18 WIB
Tambal Ban Tubeless

Liputan6.com, Jakarta Saat ini penggunaan ban tubeless banyak dilakukan karena dinilai lebih mudah dari sisi perawatan dan tak langsung kempes apabila terkena paku.

Meski identik dengan pelek racing, pengendara sepeda motor wajib tahu bahwa tidak semua pelek palang bisa dipasang ban tubeless.

Kenapa tidak semua bisa dipasang ban tubeless?

Seperti dilansir Suzuki, Minggu (15/9/2019), pelek racing untuk ban tubeless memiliki spesifikasi khusus, seperti tulisan for tubeless atau memiliki kode MT sebelum lebar pelek.

Sebagai contoh, apabila pelek terdapat tulisan MT1.65, berarti pelek tersebut bisa menggunakan ban tubeless karena terdapat kode MT di bagian depan. Kode ini tentu harus diperhatikan apabila ingin melakukan pergantian si kulit bundar.

 

2 of 3

Tak Semua Pedagang Pelek Tahu Hal Ini

Apabila pemilik tak memperhatikan dan tetap memasang ban tubeless di pelek yang bukan seharusnya, cepat atau lambat akan megalami bocor halus.

Hal ini sangat penting diperhatikan karena beberapa pedagang pelek aftermarket juga belum mengetahui hal tersebut.

Langkah aman yang sebaiknya diambil sebelum memutuskan untuk mengganti ban motor dengan ban tubeless adalah berkonsultasi langsung dengan mekanik di bengkel resmi.

3 of 3

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓