Jadi Penumpang Sepeda Motor, Jangan Lupa 6 Hal Ini

Oleh Dian Tami Kosasih pada 15 Sep 2019, 19:10 WIB
Kendaraan Rusak Saat Mau Mudik? Begini Atasinya!

Liputan6.com, Jakarta Merupakan salah satu alat transportasi populer di Indonesia, sepeda motor hanya bisa membawa dua orang yang terdiri dari pengendara dan penumpang.

Bila selama ini kita banyak mengetahui tips bagi pengendara, saat berstatus sebagai penumpang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Hal ini berkaitan erat dengan resiko yang harus diterima saat terjadi kecelakaan. Karena itu, simak baik-baik tips sebagai penumpang sepeda motor agar tetap aman berikut ini:

1. Posisi Duduk

Menjadi penumpang sepeda motor tidak seperti berada di dalam mobil yang bisa leluasa menentukan gaya duduk. Saat berada di sepeda motor, penumpang cenderung memiliki posisi duduk monoton, sehingga mencari posisi duduk paling nyaman sebelum motor berlari harus didapatkan.

Dengan posisi duduk nyaman penumpang menjadi tidak mudah lelah. Posisi duduk juga bisa mempengaruhi keseimbangan kendaraan. Posisi yang benar membuat motor lebih stabil, sehingga lebih aman.

 

2 of 3

2. Tetap Menggunakan Helm

Sudah menjadi peraturan wajib yang harus ditaati, seluruh pengguna sepeda motor harus memakai helm. Dengan menggunakan helm, Anda juga telah menerapkan safety riding.

Selain itu, penumpang juga perlu memakai celana panjang dan sepatu. Perlu diketahui, gangguan seperti kerikil yang terpental bisa mengenai penumpang di belakang sepeda motor, karena itu penggunaan celana dan sepatu sangat disarankan.

3. Jangan Tidur

Apabila pengendara dan penumpang lelah, lebih baik berhenti untuk beristirahat. Hal ini untuk mencegah tidur di atas sepeda motor. Sangat berbahaya, penumpang bisa saja jatuh apabila tertidur di atas motor.

4. Terlalu Banyak Membawa Barang

Jika menjadi penumpang untuk perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya tidak membawa terlalu banyak barang. Ketika membawa barang yang berlebihan akan berpengaruh pada keseimbangan sepeda motor, sehingga sangat berbahaya.

Selain itu, penumpang akan cenderung lebih cepat lelah.

3 of 3

5. Perhatikan Pengendara

Saat mengendarai kendaraan sepeda motor dalam perjalanan jarak jauh, faktor kelelahan menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Terkadang, pengendara sepeda motor memaksakan diri untuk tetap berkendara dalam keadaan lelah. Ada baiknya, sebagai penumpang bertanya apakah pengendara lelah.

6. Peringatkan Pengendara

Sebagai orang yang duduk di jok belakang, ada baiknya memperingatkan pengendara untuk tetap mengontrol kecepatan sepeda motor. Jika dirasa terlalu cepat, silakan peringatkan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by