Dua Saudara Dekat Wuling Almaz Meluncur, Fiturnya Berlimpah

Oleh Liputan6.com pada 15 Sep 2019, 06:02 WIB
Baojun

Liputan6.com, Jakarta - Baojun yang masih dalam naungan Wuling Automobile meluncurkan MPV RM-5 dan sedan RC-6 di Cina. Menggunakan bahasa desain yang berbeda, mobil dengan logo berlian baru ini mendapat penyegaran pada eksterior maupun interior.

Keduanya dilengkapi konektivitas mutakhir dan teknologi bantuan mengemudi mumpuni di kelasnya. Rancangan dua nama baru, ingin menonjolkan solusi mobilitas terkini dari perusahaan. Dan mereka punya sedikit kesamaan dengan Wuling Almaz.

RM-5 dan RC-6 memberikan pengalaman integrasi baru. Smartphone Anda dapat disinkronkan dengan kendaraan. Memungkinkan untuk menikmati pengaturan dengan aplikasi seperti WeChat di jalan.

Peranti lunak itu, kata Baojun, diperkaya dengan pengenalan suara canggih. Anda dapat mengirim pesan suara yang dikonversi menjadi bahasa teks melalui WeChat. Sistem pengenalan suara kuat, diklaim 20 kali lebih cepat dari sistem tradisional.

Seperti Wuling Almaz, keduanya punya fitur perintah suara (voice command). Misal untuk menyalakan atau mematikan AC, buka tutup jendela, sunroof dan mendendangkan musik.

Selain itu, dengan aplikasi Baojun, pelanggan dapat mengunci, membuka kunci dan menyalakan kendaraan dari jarak jauh. Hanya butuh sentuhan dari smartphone Anda.

Status real-time RM-5 dan RC-6, termasuk lokasi kendaraan, dapat dilihat menggunakan aplikasi. Sistem konektivitas ini bisa terus diperbarui (update).

Kedua model anyar dibekali sistem bantuan pengemudi bikinan Bosch. Terpasang sistem ADAS Level-2, mencakup 16 skenario mengemudi, untuk mengurangi kelelahan berkendara, terutama saat lalu lintas padat.

Sistem cruise control adaptif canggih pada RM-5 dan RC-6 dapat diaktifkan hingga kecepatan 130 km/jam. Rahasianya ada pada kombinasi radar gelombang 77-GHz jarak jauh dan high-definition camera. Berkat peranti itu, sistem mampu mengidentifikasi manusia, mobil dan jalanan yang lebih presisi.

2 of 2

Fitur-Fitur

Untuk meningkatkan keamanan berkendara di malam hari, dipasang lampu depan LED pada RM-5 dan RC-6. Hebatnya, sudah dilengkapi IHMA yang bisa menyesuaikan sorot cahaya (low/high beam).

Fitur keselamatan lainnya pun lengkap. Amsal tersedia Traffic Jam Assist, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Intelligent Cruise Assist, Blind-Spot Assist-Avoidance Assist, Traffic Sign Warning dan Traffic Speed Assist.

Dua mobil ini mengusung mesin yang sama. Pakai tipe bensin 1,5 liter turbocharged, dengan tenaga puncak 147 PS dan torsi maksimal 245 Nm. Jantung pacu dipasangkan dengan pilihan transmisi manual enam percepatan atau transmisi CVT delapan percepatan.

Dimensinya 4.925 mm x 1.880 mm x 1.580 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.800 mm. Enam varian sedan RC-6 dibanderol mulai dari RMB 84.800 hingga RMB 123.800 (Rp 167 juta – Rp 243 juta).

Lalu RM-5 menawarkan 12 varian dengan pilihan lima, enam dan tujuh kursi. Harga mulai RMB 86.800 hingga RMB 120.800 (Rp 170 juta – Rp 237 juta).

Mobil punya ukuran 4.705 mm x 1.806 mm x 1.645 mm dan wheelbase 2.750 mm. Selisih harga keduanya pun tipis dan termasuk ramah di kantong.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓