Sukses

Tips Touring Motor ala Darius Sinathrya

Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia belum lama ini berhasil menyelesaikan perjalanan ke pegunungan Himalaya bersama tim Himalayan Ridge.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia belum lama ini berhasil menyelesaikan perjalanan ke pegunungan Himalaya bersama tim Himalayan Ridge. Perjalanan ini sukses mencapai jalan raya tertinggi di dunia setinggi 5.359 meter di atas permukaan laut di Khardung La Gompa, Leh Ladakh, Jammu dan Kashmir.

Perjalanan tersebut tentunya bukan tanpa halangan. Ketinggian lokasi, medan yang menantang serta kondisi tubuh menjadi tantangan yang berhasil dihadapi oleh tim Himalayan Ridge.

Ditemui dalam pemutaran perdana serial vlog Himalayan Ridge di XXI Lounge Senayan, Jakarta, Kamis (12/9), Darius Sinathrya berbagi tips bagi pengendara motor yang ingin melakukan kegiatan touring.

Menurut pria 34 tahun ini, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah safety gear atau perlengkapan keselamatan berkendara.

"Yang harus paling diperhatikan adalah safety gear, harus lengkap semua. Namanya berkendara apalagi roda dua, direct impact, tentu safety menjadi yang pertama."

Kedua adalah kondisi tubuh, saat mempersiapkan touring seringkali pengendara kurang beristirahat. Padahal, istirahat sangat penting untuk memastikan tubuh berada pada kondisi prima dan siap untuk melakukan touring.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

Berdasarkan pengalaman Darius dalam menjelajah pegunungan Himalaya, ketinggian yang ekstrim juga dapat menyebabkan altitude sickness yang dapat mengganggu kondisi tubuh.

Untuk mengatasinya terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengendara seperti mengurangi gerakan fisik, mengatur pernafasan serta banyak minum air mineral.

Terakhir adalah mengenai medan. Jalur yang curam dan berkelok-kelok tentunya membutuhkan teknik khusus agar motor tetap berjalan dengan aman.

"Dengan kondisi jalan curam dan berkelok-kelok, memang harus selalu waspada. Ambil cornering jangan terlalu lebar dan perhatikan speed limit jangan terlalu nafsu di posisi seperti itu. Perhatikan kendaraan lain dari atas dan bawah," pungkas Darius.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.