Pertama Kali Modifikasi Mobil, Berikut Tips untuk Pemula

Oleh Liputan6.com pada 07 Sep 2019, 20:01 WIB
IMX

Liputan6.com, Jakarta - Spesifikasi pada mobil orisinil pabrikan biasanya sudah memenuhi berbagai standar mulai dari keamanan, kenyamanan maupun estetika. Namun, tidak semua pemilik kendaraan puas dengan spesifikasi tersebut. Untuk mengatasinya, beberapa pemilik melakukan modifikasi pada mobil untuk memenuhi ekspektasi yang diinginkan.

Ada beragam aspek yang harus diperhatikan agar modifikasi yang dilakukan sesuai dan tepat dengan keinginan. Bagi pemilik kendaraan yang baru ingin mencoba melakukan modifikasi, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan mobil impian dapat terwujud.

Menurut Adit, Ketua umum komunitas mobil Autofahren, terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan sebelum melakukan modifikasi. Pertama adalah banyak mencari referensi. Kedua, banyak bertemu dengan senior otomotif untuk mencari insight. Ketiga adalah bergabung dengan forum dan komunitas.

"Mencari komunitas kalau bisa yang benar-benar sesuai dengan hasrat kita. Jangan sampai tidak ada feedback atau hanya main-main, malah keteteran modifikasinya kan sayang," ucap pria yang akrab disapa Adit "Kodok" tersebut.

 

2 of 3

Yang Terpenting

Selain ketiga hal tersebut, menurut Adit yang paling penting adalah menabung.

"Terakhir harus nabung, karena modifikasi tidak murah,"ucapnya.

Terdapat lima jenis sektor modifikasi pada mobil. Modifikasi interior, eksterior, engine, under carriage, dan audio. Tidak perlu mengubah lima sektor tersebut secara masif, pemilik mobil dapat melakukan modifikasi pada bagian yang diinginkan dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

"Ganti velg atau dipendekin dikit aja udah termasuk modifikasi kok jadi gausah malu," pungkas Adit.

Penulis: Khema Aryaputra

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓