Sukses

Jokowi: Keberanian Esemka Memulai Industri Otomotif Harus Diacungi Jempol

Pabrik mobil Esemka akhirnya diresmikan Presiden Jokowi. Pabrik Esemka berdiri di Desa Demangan Kecamatan Sambi Boyolali, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Pabrik mobil Esemka akhirnya diresmikan Presiden Jokowi. Pabrik Esemka berdiri di Desa Demangan Kecamatan Sambi Boyolali, Jawa Tengah.

Menurut Jokowi, seperti dilansir Antara, Esemka adalah brand dan principal Indonesia yang telah dirintis lebih kurang 10 tahun lalu.

Baginya, persemian pabrik Esemka merupakan upaya mendukung merek lokal atau nasional. "Banyak yang bertanya kepada saya mengapa mau meresmikan pabrik Esemka ini. Karena, saya ingin mendukung pengembangan otomotif nasional," ujarnya.

Presiden berharap PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), tidak saja bisa memproduksi mobil, tapi juga tahu bagaimana cara menjualnya.

"Jika harganya tidak sambung dengan konsumen, siapa yang mau beli. Saya melihat bagaimana mesin dan komponen lain dirakit banyak sekali yang berasal dari dalam negeri. Artinya, local content-nya sudah baik meski saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 persen, apalagi 100 persen," kata Jokowi.

Keberanian PT Esemka memulai industri otomotif dengan brand dan principal Indonesia menurut Jokowi harus diacungi jempol. "Tidak mudah dan gampang, masuk pasarnya, tetapi kalau sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya sendiri, mobil Esemka akan laku."

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Model Mobil Esemka yang Pernah Bisa Dipesan

Nama Esemka kembali mencuat ke permukaan karena hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi direncanakan akan hadir pada Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah.

Sedikit kilas balik, tepatnya 2 tahun lalu di bulan September, 3 model mobil Esemka pernah bisa dipesan secara online. Pada saat itu, Esemka memiliki sejumlah akun media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiga akun ini digunakan Esemka untuk bersosialisasi.

Salah satu yang cukup mencengangkan terdapat pada akun Instagram @esemka_indonesia. Bagaimana tidak, ternyata dalam salah satu unggahannya, admin @esemka_indonesia berkomentar Esemka sudah bisa dipesan. Foto tersebut dan komentarnya ternyata diunggah pada Mei 2017 lalu. 

Dari formulir pemesanan juga terungkap, Esemka saat itu hanya akan memasarkan kendaraan di kelas komersial. Untuk diketahui, berdasarkan pantauan Liputan6.com, saat ini unggahan tersebut sudah dihapus dan link formulir pemesanan sudah tak bisa diakses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Esemka