Dijual Tahun Depan, Nissan Leaf Diproduksi di Indonesia?

Oleh Arief Aszhari pada 06 Sep 2019, 06:00 WIB
Nissan Leaf

Liputan6.com, Jakarta - Bermain di pasar kendaraan ramah lingkungan, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) siap memboyong Nissan Leaf ke Indonesia tahun depan. Mobil listrik asal Jepang ini, bakal menyasar konsumen generasi muda dan bakal bersaing dengan kendaraan nol emisi lainnya yang bakal hadir di Tanah Air.

Keberadaan mobil listrik seperti Nissan Leaf ini memang tengah didorong oleh pemerintah untuk bisa lebih berkembang. Bahkan, tidak hanya menjual, pabrikan juga diminta untuk melakukan produksi lokal. Lalu pertanyaannya, kapan Nissan bakal memproduksi Leaf di Indonesia?

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur Nissan Indonesia Isao Sekiguchi mengaku belum bisa memberikan pernyataan. Sejauh ini belum ada informasi terkait hal itu.

"Apakah akan diproduksi lokal? Untuk saat ini tidak ada informasi yang bisa kita sampaikan," kata Sekiguchi, saat ditemui di gelaran Indonesia Electronic Motor Show (IEMS) 2019, di Balai kartini, Jakarta Selatan.

Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa investasi pembangunan mobil listrik di Indonesia membutuhkan kerja sama berbagai pihak. Tidak saja Nissan sebagai produsen mobil listrik, melainkan juga pemerintah.

"Tapi kita menekankan kembali bahwa untuk lokalisasi (membangun pabrik di Indonesia) membutuhkan banyak kerja sama dari berbagai pihak tidak hanya Nissan sebagai pabrikan tapi juga supplier dari pemerintah dan sebagainya," ungkapnya.

2 of 3

Melakukan Komunikasi

Sejauh ini pihaknya terus berkomunikasi dengan stakeholder terkait guna menciptakan ekosistem yang baik bagi pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kita lihat bagaimana ke depan. Tapi kita percaya bahwa semua pemangku kepentingan memiliki kepentingan yang sama untuk mendukung mobilitas elektrik di Indonesia," pungkasnya.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓