Deretan Kendaraan Listrik yang Bisa Dicoba di IEMS 2019, Cek Syarat-syaratnya

Oleh Arief Aszhari pada 05 Sep 2019, 06:04 WIB
Deretan Kendaraan Listrik yang Bisa Dicoba di IEMS 2019 (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut era kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) resmi menggelar pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

Ajang yang digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan ini menyuguhkan seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

Selain itu, pameran yang mengambil tema 'Electric Vehicle for Smart Transportation' ini memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mencoba deretan mobil, motor, ataupun kendaraan listrik.

Mobil yang bisa dicoba pengunjung, salah satunya Nissan Leaf dan Note e-Power. Persyaratan untuk mencoba dua mobil ramah lingkungan dari Jepang ini juga cukup mudah.

"Persyaratannya gampang, hanya isi data diri dan memiliki SIM A yang berlaku. Kemudian, pengunjung bisa langsung mencoba berkeliling di sekitar area Balai Kartini, Jakarta Selatan," jelas salah satu penjaga di booth Nissan, di gelaran IEMS, Rabu (4/9/2019).

Selain Nissan, pabrikan asal Cina, Wuling juga membawa satu mobil listrik imutnya E100 untuk bisa dicoba oleh pengunjung.

Syaratnya juga tidak sulit, hanya mendaftarkan diri di booth Wuling Motors, memiliki SIM A yang masih berlaku, kemudian mendapatkan nomor antrian untuk mencoba di area test drive di sekitaran tempat pameran.

2 of 2

Kendaraan Listrik Lainnya

Selain mobil, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau mobil pedesaan juga bisa dicoba oleh pengunjung. Lebih istimewanya lagi, pengunjung bisa mencoba AMMDes versi listrik.

"Syaratnya isi buku tamu saja buat data di kita. Tidak perlu memiliki SIM A, karena kan ini bukan mobil. Bisa berkeliling satu kali, baik menyetir sendiri atau menjadi penumpang," jelas salah satu penjaga di booth AMMDes.

Tidak hanya kendaraan roda empat, di ajang ini juga pengunjung bisa mencoba motor listrik Gesits. Persyaratannya juga mudah, hanya dengan mengisi data diri dan memiliki SIM C yang berlaku.

Lanjutkan Membaca ↓