Nissan Leaf, Mobil Listrik yang Meluncur Tahun Depan di Indonesia

Oleh Arief Aszhari pada 04 Sep 2019, 17:31 WIB
Nissan Leaf

Liputan6.com, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjadi salah satu pabrikan yang siap untuk memasarkan berbagai kendaraan listriknya di Indonesia. Sebagai langkah awal, jenama asal Jepang ini bakal membawa satu mobil listriknya, Nissan Leaf tahun depan.

Kepastian tersebut, disampaikan langsung oleh Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi, di sela-sela pameran mobil listrik, Electric Motor Show (IEMS) 2019, yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

"Kita mempertimbangkan untuk membawa Nissan Leaf dan model e-Power pada 2020," jelas Isao.

Lanjutnya, alasan untuk membawa Nissan Leaf ke Indonesia, dibanding membawa mobil listrik yang lebih menyasar ke banyak pasar, seperti MPV karena Nissan ingin memberikan jawaban terkait masalah mobilitas di Indonesia untuk masa depan, dan bukan untuk saat ini saja.

"MPV memang pasarnya besar, tapi kami melihat Nissan Leaf sebagai solusi mobilitas bukan hanya untuk konsumen saat ini, tapi juga masa depan," jelasnya.

 

2 of 3

Harga

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nissan, untuk konsumen generasi mendatang, adalah para milenial dan konsumen muda. "Generasi ini tidak melihat mobil harus MPV saja, mereka justru melihat mobil yang harus berbeda. Dengan begitu, Nissan Leaf ini akan memainkan perannya," pungkasnya.

Nissan berhasil menguasai pasar mobil listrik dunia lewat produknya, Leaf. Sejauh ini, mobil listrik asal Jepang itu mencetak penjualan sebanyak 400 ribu unit.

Pencapaian itu diraih relatif lama, sejak pertama kali dikenalkan pada Desember 2010. Karena pemasaran mobil listrik memang belum semasif mobil konvensional. Namun, hasil diraih Leaf, sejauh ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi Nissan.

Prestasi Nissan Leaf didapat atas keberanian merangsek ke banyak pasar berkembang. Sekarang diproduksi di tiga benua: Asia terpusat di Oppama, Jepang, Eropa di Sunderland, Inggris dan untuk Amerika berada di Smyrna, Tennessee, Amerika Serikat.

Penjualan Leaf kini tersedia di lebih dari 50 negara dan berencana ekspansi ke enam negara Amerika Latin dan tujuh negara Asia Oceania sampai akhir tahun.

Meski belum ada bocoran harga, mengutip dari usnews.com, harga Nissan Leaf di Amerika dibanderol dari US$29.990 atau berkisar Rp424 jutaan.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by