Sukses

Ini yang Baru dari Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis 2019 meluncur di Thailand. Ada dua varian yang menonjol, yakni Hybrid dan GR Sport.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Corolla Altis 2019 meluncur di Thailand. Ada dua varian yang menonjol, yakni Hybrid dan GR Sport.

Altis baru termasuk dalam generasi ke-12 sedan legendaris Toyota yang telah mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Tepatnya tipe GA-C, alias relasi dekat dengan Toyota C-HR.

Sayang, bukan mengambil desain sporty nan agresif seperti di Amerika Serikat, melainkan sama persis seperti dijual di Cina, Eropa dan untuk pasar Asia Tenggara lain, termasuk Indonesia kelak.

Tipe paling bawah, Corolla Altis 1.6 J LIMO dibanderol 829.000 baht (Rp 384 juta). Di atasnya, 1.6 G CVT seharga 869.000 baht (Rp 402 juta). Dapur pacu terkecil, memakai mesin 1ZR-FBE 4-silinder 1.598 cc Dual VVT-i.

Tenaga maksimum cukup 125 HP dan torsi 156 Nm. Varian ini paling cocok dijadikan taksi yang selalu jadi andalan sejak dulu di Negeri Gajah Putih. Untuk versi matik dipasangkan Super CVT-i dengan sistem G AI Shift Control dan Sequential Shift.

Corolla Altis GR Sport menjadi varian sporty menggantikan TRD Sportivo. Ramuannya sama saja. Cuma menambah body kit dan detail kecil ke desain dasar yang sama.

Jantung mekanis tak dioprek, memanfaatkan 2ZR-FBE 4-silinder 1,8-liter Dual VVT-i bertenaga 140 HP dan torsi 177 Nm. Pasangan transmisinya hanya CVT. Harga untuk GR Sport 999.000 baht atau setara Rp 464 juta.

Varian Corolla Altis Hybrid bakal menjadi pilihan bagi konsumen yang lebih peduli lingkungan. Mekanikalnya sama seperti C-HR Hybrid. Terpasang mesin siklus Atkinson 2ZR-FXE 1,8-liter VVT-i, dengan keluaran tenaga 98 HP serta torsi 142 Nm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemampuan

Motor listrik pendamping ialah Permanent Magnet Synchronous Motor berdaya 600 volt, yang mengeluarkan 72 HP dan 163 Nm. Baterainya berjenis nickel metal hydride (Ni-MH).

Mampu berkendara elektrik sepenuhnya dalam model EV. Selain opsi ECO, Normal dan Sport untuk disesuaikan kebutuhan.

Khusus Hybrid, memakai transmisi otomatis E-CVT semua. Tipenya terbagi 3: 1.8 Hybrid Entry senilai 939.000 baht (Rp 436 juta), 1.8 Hybrid MID 989.000 baht (Rp 459 juta) dan tertinggi 1.8 Hybrid High dibanderol 1.099.000 baht (Rp 510 juta).

Bicara fitur, Altis terbaru makin lengkap dibanding generasi terdahulu. Paling standar memang tidak istimewa, masih bermodal lampu utama halogen, lampu belakang LED, pelek 15-inci, jok fabric dan koneksi Bluetooth di head unit.

Fitur pemanja seperti keyless entry, push-start button, jok kulit, AC auto baru tersedia di tipe 1.6 G dan Hybrid Entry. Semakin ke atas, varian GR Sport dan Hybrid MID, mendapat lampu LED, kaca depan akustik, pengaturan jok elektrik dan monitor 8-inci.

Paket komplet sudah pasti milik tipe Hybrid High. Peleknya 17-inci justru lebih besar dari GR Sport. Selain itu punya lampu kabut LED, sistem navigasi, T-connect telematics, speedometer digital, head-up display, Nanoe ioniser, tirai belakang.

Hanya di varian tertinggi ini juga, fitur keselamatan Toyota Safety Sense diberikan lengkap. Termasuk rem otomatis, adaptive cruis control, lane departure warning, lane keeping assist dan auto beam. Sementara 7 airbag, kontrol stabilitas ada di semua tipe.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini