Sukses

Tidak Bisa Jalan Sendiri, Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia Butuh Ekosistem

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dipercaya bakal berkembang lebih besar dalam beberapa waktu ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dipercaya bakal berkembang lebih besar dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan, hal tersebut didukung dengan telah ditandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan oleh Presiden Joko Widodo.

Namun, untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air, dibutuhkan dukungan semua pihak, baik dari pelaku industri otomotif maupun peran pemerintah sehingga terbentuk sebuah ekosistem terkait hal tersebut.

Dijelaskan Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan, dengan pameran kendaraan listrik yang diadakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan semua stakeholder berkumpul, harus membuat ekosistem untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kita yang berkumpul di sini, semuanya seperti Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, BBPT, dan harusnya ada satu lagi Kementerian Keuangan, PLN, Kementerian ESDM untuk ekosistem yang nanti mesti kita bangun," jelas Moeldoko dalam sambutan saat pembukaan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Balai Kartini, Rabu (4/9/2019).

Lanjutnya, mobil listrik memang perlu dukungan ekosistem karena tidak bisa bergerak sendiri. Artinya, dibutuhkan dukungan semua pihak, agar industri kendaraan listrik di Indonesia bisa berjalan.

"Seperti itulah, Menko Kemaritiman (Luhut Binsar Panjaitan) datang di sini, karena ingin membentuk sebuah ekosistem semua yang akan berjalan. Setuju semua?," tegas Moeldoko disambut teriakan setuju dari para hadirin yang datang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019

Sebagai informasi, pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia, IEMS 2019 ini menyuguhkan seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

Acara ini juga diikuti oleh 45 exhibitor mulai dari kementerian, BUMN, akademisi, stakeholder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama dari Jepang, Cina, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia. Selain itu, bakal ada konvoi menggunakan berbagai jenis kendaraan listrik dari kantor BPPT, Thamrin, Jakarta menuju kantor BPPT, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • IEMS 2019