Sukses

Cara Mudah Membersihkan Jok Kulit dan Tenun

Menjaga kebersihan interior mobil menjadi salah satu cara menciptakan suasana nyaman dalam berkendara. Salah satu bagian penting dan harus mendapat perawatan ialah jok mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan interior mobil menjadi salah satu cara menciptakan suasana nyaman dalam berkendara. Salah satu bagian penting dan harus mendapat perawatan ialah jok mobil.

Terlebih kotoran pada jok apabila dibiarkan akan semakin banyak dan akan sukar dibersihkan. Karena itu, saat mobil dalam keadaan kotor khususnya di bagian jok, pemilik harus segera membersihkannya.

Selain itu, kotoran yang menumpuk pada jok bisa menjadi sarang penyakit serta hewan kecil dan tak nyaman di duduki dalam waktu cukup lama.

Oleh karena itu, membersihkan jok mobil secara teratur merupakan kewajiban pemilik kendaraan. Sebelum mulai membersihkan jok mobil, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui dahulu apa bahan yang disematkan pada jok mobil.

Hal ini dapat mempermudah pemilik kendaraan saat hendak lakukan perawatan. Berikut ulasannya seperti dilansir Garda Oto, Kamis (29/8/2019).

Jok Berbahan Tenun

Bila jok mobil menggunakan bahan tenun, pemilik kendaraan bisa melakukan pembersihan air dan cairan pencuci piring.

Campurkan air dan cairan di dalam botol dan semprotkan langsung ke jok mobil. Pastikan Anda menyemprotkan secara merata dengan jarak 15 hingga 20 cm.

Gosok lembut menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang sedikit keras, kemudian gunakan kain lap bersih yang dibasahi dengan air hangat untuk mengelap hasil sikatan pada jok.

Lakukan proses ini sampai jok benar-benar bersih dan langkah selanjutnya ialah mengeringkan dengan kain berserat mikro.

Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa menggunakan alat lain untuk membersihkan jok berbahan tenun, yaitu dengan alat bernama lint roller. Cara ini menggunakan kertas lengket untuk menangkap kotoran-kotoran halus di atas jok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jok Berbahan Vinyl

Bahan vinyl merupakan bahan jok yang mudah untuk dibersihkan. Hanya dengan menggunakan pembersih kaca, maka pemilik kendaraan bisa membersihkan jok secara maksimal.

Sama seperti jok tenun, pemilik hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih kaca dan mengelapnya. Anda juga bisa menggunakan baking soda dengan air sebagai cairan pembersih.

Namun, untuk bahan ini perlu menyikatkan pada noda yang terdapat di jok, karena campuran ini bisa berubah seperti pasta gigi.

Jok Berbahan Kulit

Untuk merawat jok mobil berbahan kulit, Anda bisa menggunakan alat khusus yakni pembersih dan kondisioner.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih tempat saat membersihkan, karena jok kulit akan lebih mudah bereaksi bila terpapar panas.

Maka dari itu, bersihkanlah jok mobil di tempat yang teduh atau hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini