Sukses

Sekali Cas, Mobil Listrik Ini Sanggup Berjalan 1.600 Km

Mobil listrik banyak diharapkan mampu menjadi kendaraan masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Sedang mengalami perkembangan yang pesat, mobil listrik banyak diharapkan mampu menjadi kendaraan masa depan. Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul mengenai kendaraan ini adalah, seberapa jauh jarak yang bisa ditempuh?

Rata-rata mobil listrik mampu menempuh jarak 250 hingga 400 km dalam satu kali pengisian daya. Tesla, salah satu produsen mobil listrik ternama mampu menyentuh jarak tempuh 595 kilometer melalui model S Long Range.

Tampaknya, pengembangan efisiensi jarak tempuh mobil listrik tidak berhenti begitu saja. Dilansir greencarreports.com , perusahaan otomotif Aptera Motors, sedang mengembangkan mobil listrik paling efisien yang mampu menempuh jarak 1.600 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Meskipun masih berupa konsep, mobil ini diperkirakan akan memiliki dua kursi penumpang, bodi yang sangat ringan dan menggunakan tiga roda. Desain tersebut, ditambah dengan bentuk aerodinamis menjadi alasan efisiensi mobil listrik ini.

Kapasitas baterai nantinya akan beragam mulai dari 40 hingga 100 kWh. Untuk bobot, varian 60 kWh hanya akan memiliki berat 800 kilogram. Mobil listrik ini akan menggunakan in-wheel motors yang memiliki tenaga 67 Tk pada tiap ban.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Buat Mobil Listrik

Aptera Motors sebelumnya sudah pernah membuat mobil listrik pada 2011 yang tergolong efisien pada jamannya. 160 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Sayangnya, kala itu Aptera Motors mengalami kebangkrutan.

Tahun ini Aptera Motors kembali bangkit dan sedang mengumpulkan dana melalui crowdfunding.

Jumlah dana yang diharapkan menyentuh angka $2,5 juta atau Rp 35 miliar, akan digunakan untuk membangun tiga buah prototipe hingga akhir 2019. Nantinya, produk akhir akan ditampilkan ke publik di tahun 2020.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.