Cara Mudah Lolos Ujian SIM

Oleh Dian Tami Kosasih pada 30 Agu 2019, 05:22 WIB
Diperbarui 30 Agu 2019, 05:22 WIB
Cara Mudah Lolos Ujian SIM
Perbesar
Pemohon SIM mengikuti ujian praktek di Satlantas Polres Sidoarjo. Sejak berlakunya UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, angka pemohon SIM di Sidoarjo meningkat. (Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen yang harus dimiliki setiap pengendara kendaraan bermotor. Untuk mendapatkan SIM, setiap pengendara harus melewati beberapa tes.

Setiap orang yang ingin mendapatkan SIM harus datang ke kantor Satpas SIM terdekat dan melakukan tes kesehatan, mengisi formulir, mengikuti tes teori serta praktik.

Saat menjalani ujian praktik ini, banyak pengendara motor yang gagal. Supaya lulus ujian praktik, ada beberapa trik yang harus diperhatikan.

Saat melintasi jalur yang sudah dibuat, calon pembuat SIM harus benar-benar memahami dan mengerti cara berkendara yang baik dan benar. Berikut tips agar pengendara lulus ujian praktik SIM seperti dilansir Federal Oil.

Saat melintasi jalan lurus, usahakan kaki kiri dan kaki kanan tidak menyenggol atau menyentuh patok pembatas yang ada, sehingga kaki harus merapat dan jangan melebar.

Pada jalur zigzag kuncinya ada di keluwesan bermanuver. Tangan harus kuat menggenggam setang dengan postur tubuh terutama pundak dan pinggang luwes meliuk.

2 dari 2 halaman

Panduan Saat Menikung

Usahakan ban depan dan belakang tidak keluar jalur yang ditandai dengan garis putih atau kuning. Jika ban depan atau belakang menyentuh atau keluar batas dipastikan Anda tidak akan lulus.

Saat di trek angka 8, lakukan trik counter steering. Posisi badan cenderung tegak keluar berlawanan dengan arah tikungan.

Geser bagian pinggul sedikit ke kanan saat menikung ke kiri dan geser pinggul ke kiri saat menikung ke arah kanan. Jangan memiringkan badan ke dalam tikungan.

Ketika pengereman menghindar, kuncinya ialah ketenangan. Kecepatan tidak tinggi memungkinkan kita melihat lampu hijau arah mana yang menyala. Begitu juga saat putar balik, gunakan jurus counter steering.

Lanjutkan Membaca ↓