Sukses

Asal Usul Penamaan Rem Tromol

Sistem pengereman pada kendaraan bermotor saat ini umumnya terdiri dari dua model, yakni cakram dan tromol.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengereman pada kendaraan bermotor saat ini umumnya terdiri dari dua model, yakni cakram dan tromol. Pada sepeda motor, biasanya yang menggunakan rem tromol adalah motor-motor yang berkapasitas kecil.

Tapi, ada juga motor sport yang menggunakan rem tromol, yaitu motor sport entry level, Honda CB150 Verza.

Dikutip dari Federal Oil, rem tromol ini memiliki istilah yang disebut dengan drum brake. Mengapa istilahnya jadi jauh berbeda?

Kata “ tromol”, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti bejana yang agak bulat. Bejana ini bertujuan untuk menampung lembaran cetak yang dikeluarkan dari unit cetak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan

Pengambilan nama tersebut sepertinya diambil karena sama-sama menjadi 'penampung'. Pengereman tromol sistemnya ditampung dalam sebuah lingkar poros roda.

Secara lebih detail, rem tromol bekerja dengan menggunakan sepasang sepatu untuk menahan bagian dalam dari tromol yang berputar bersama-sama dengan roda. Melalui tekanan tertentu roda akan terhenti.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini