Sukses

Kebijakan Mobil Listrik Bersuara di Indonesia Diprotes Bos Importir Tesla

Selain tak memiliki polusi, mobil listrik juga tak mengeluarkan suara. Untuk keselamatan, rencananya kendaraan ramah lingkungan di Indonesia akan memiliki kebijakan mengeluarkan suara.

Liputan6.com, Jakarta - Selain tak memiliki polusi, mobil listrik juga tak mengeluarkan suara. Untuk keselamatan, rencananya kendaraan ramah lingkungan di Indonesia akan memiliki kebijakan mengeluarkan suara.

Melihat hal itu, Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim mengaku keberatan apabila kebijakan ini benar-benar terealisasi.

"Saya dengar terakhir isu akan ada peraturan mobil listrik mengeluarkan suara, menurut saya kalau bisa, jangan. Lebih baik teknologi seperti pedestrian warning, blind spot assists atau atau break yang lebih ditingkatkan. Jadi, teknologi keamanan itu ditingkatkan dibanding mobilnya mengeluarkan suara," kata Rudy di kantor Kadin, Jakarta.

Rudy juga menjelaskan bila perkembangan mobil ICE (internal combustion engine) justru mengarah pada suara yang dihasilkan lebih minim.

"Mobil combustion engine selama berpuluh tahun saling berlomba mencoba membuat mobil lebih senyap. Tapi justru, mobil listrik yang sudah mencapai tahap itu disuruh keluarkan suara," ujarnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Mengikuti Kebijakan yang Berlaku

Meski demikian, Rudy mengaku siap mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah apabila mobil listrik benar-benar harus mengeluarkan suara.

"Tapi memang sebenarnya enggak apa-apa, kalau memang harus mengeluarkan suara kita bisa. Kami juga akan mengikuti keijakan yang berlaku," tutur Rudy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tesla