Tesla Hanya Jual Gaya Hidup, Bukan Solusi Ramah Lingkungan

Oleh Arief Aszhari pada 27 Agu 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 03 Sep 2019, 18:20 WIB
Elon Musk

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air Singapura, Masagos Zulkifli memberikan tanggapan keras kepada bos Tesla, Elon Musk. Ia mengatakan, jika konsumen membeli mobil listrik asal Amerika Serikat, hal tersebut tidak benar-benar membantu untuk menciptakan lingkungan yang bersih melainkan hanya membantu pemasaran sebuah gaya hidup.

Pernyataan tersebut, adalah tanggapan Masagos terkait klaim Elon Musk pada Januari lalu yang mengatakan Singapura terlalu lambat dalam mengadopsi kendaraan listrik, karena pemerintahnya yang tidak suka dengan mobil nol emisi tersebut.

Bahkan, dalam sebuah pernyataannya kepada Bloomberg juga, sang menteri mengatakan jika mobil listrik bukan cara yang paling efisien untuk masalah polusi udara, tidak seperti penggunaan angkutan umum.

Terlebih, karena mineral atau material untuk membuat baterai mobil listrik dan cara pengolahan limbahnya menjadi kendaraan listrik bukanlah soolusi berkelanjutan untuk melawan perubahan iklim.

"Apa yang ingin Elon Musk hasilkan adalah gaya hidup," ujar Zulkifli. "Kami tidak tertarik dengan gaya hidup. Kami tertarik pada solusi yang tepat untuk mengatasi masalah iklim," tegasnya.

Solusi yang tepat adalah memprioritaskan angkutan umum, sehingga pada 2040 masyarakat bepergian ke seluruh negara dengan bus, kereta api, atau kereta bawah tanah yang hanya akan memakan waktu kurang dari 45 menit.

2 of 3

Sisi Lain

Di sisi yang berlawanan, adalah penggunakan kendaraan listrik di mana 85 persen dari 6 juta penduduk mengatakan tidak akan membeli satu mobil seperti itu karena tidak ada titik pengisian dan tempat parkir masih menjadi masalah utama.

Stasiun pengisian pertama Singapura diresmikan bulan ini, dengan rencana ekspansi yang lebih banyak pada Oktober 2019. Namun, hal tersebut tidak akan cukup di dalam konteks negara menghadapi konsekuensi serius dari perubahan iklim, naiknya permukaan air lalu, curah hujan deras, dan suhu yang lebih luas.

 

 

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by