Meluncur Akhir Tahun, Ini Kelebihan Toyota TJ Cruiser

Oleh Liputan6.com pada 27 Agu 2019, 14:07 WIB
Toyota

Liputan6.com, Jakarta - TJ Cruiser merupakan kendaraan persilangan antara SUV bongsor dengan van. Bentuk tubuhnya mengotak, bak kendaraan tempur. Di dalamnya, semua kursi bisa dilipat rata. Diprediksi versi produksi diluncurkan dan tampil di TMS 2019 pada Oktober.

Kemudian pemesanan di Jepang dimulai pada akhir tahun. Disinyalir unit memiliki beragam konfigurasi penggerak dan engine hybrid. Walau, versi mesin bensin konvensional bakal ditawarkan juga.

Mobil gahar ini dapat menampung sekitar lima penumpang. Dan versi produksi dikabarkan tetap kompak, dengan panjang hanya 4.300 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

TJ Cruiser sejatinya punya nama panjang. T berarti Toolbox yang merujuk pada utilitas mobil. Sedangkan J berarti Joy alias kegembiraan.

Lalu Cruiser mengacu pada kegembiraan ketika mengunjungi berbagai tempat bersamanya. Seperti namanya, TJ Cruiser disiapkan sebagai penerus bagi FJ Cruiser, SUV bergaya retro berbasis 4Runner.

Nilai jual yang ditawarkan sang SUV bongsor ini ialah kepraktisan. Mempertahankan tempat duduk yang dapat dilipat dan pintu geser konsep. Lalu Anda dapat menampung barang besar sepanjang tiga meter, bila kursi dilipat rata.

Disiapkan sebagai genre baru. Maka bentuk kap mesin, atap dan fender dibikin berbeda dari model mobil biasa. Bahkan menggunakan bahan dengan lapisan khusus yang tahan terhadap goresan dan kotoran.

Lantaran menjadi unit spesial, sasaran konsumennya lebih luas. Selain pehobi otomotif, ia bisa menjadi simbol kesuksesan bagi eksekutif muda yang punya jiwa tualang.

2 of 2

Produksi Terbatas

Mengutip dari Best Car, TJ Cruiser bakal diproduksi terbatas. Sekitar 1.500 unit saban bulan dibikin untuk pasar global. Pilihan jantung mekanis dilaporkan pakai opsi mesin bensin 1,8 liter empat silinder hybrid yang diadopsi dari Prius dan Corolla Hybrid.

Dan konfigurasi ini hanya tersedia dengan penggerak all-wheel drive (AWD). Pilihan lainnya mesin 2,0 liter empat silinder. Kelak konsumen dapat memilih antara penggerak roda depan saja atau AWD dalam varian ini.

Soal rancang bangun, TJ Cruiser memakai platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Desain ini sudah dipakai oleh model-model mobil Toyota lain.

Seperti Camry, RAV4 dan generasi terbaru Corolla. Jika dilihat dari desain yang dibuat, kemungkinan mobil konsep TJ Cruiser tidak jauh berbeda saat diproduksi massal.

Salah satunya dengan tampilan kekar, tetap kotak, siluet kendaraan van, desain grille lebar dan sorot lampu LED yang bulat. Layak dinanti kemunculan mobil ini.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓