Sukses

Honda Siapkan Mesin DOHC untuk PCX Terbaru?

Honda PCX tak memiliki banyak lawan di Indonesia. Lawannya saat ini adalah Yamaha NMax yang memiliki tenaga dan torsi lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Honda PCX tak memiliki banyak lawan di Indonesia. Lawannya saat ini adalah Yamaha NMax yang memiliki tenaga dan torsi lebih besar.

Dapur pacu Honda PCX dihuni mesin 150 cc SOHC. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 14,4 Tk dengan torsi 13,2 Nm. Performa ini jelas lebih rendah dari Yamaha NMax.

Skutik gambot keluaran pabrikan berlogo garpu tala itu dibekali mesin 155 cc SOHC berteknologi VVA. Tenaga yang dihasilkan mencapai 14,8 Tk dan torsi maksimumnya 14,4 Nm.

Untuk menghadapi hal itu, rupanya Honda diam-diam mengembangkan mesin 150 cc baru. Mengutip dari Kojintekibikematome.blog.jp, terdapat beberapa ubahan pada desain yang dipatenkan Honda.

Pertama, jumlah valve atau klepnya bertambah, dari 2 menjadi 4. Artinya, mesin ini telah menggunakan sistem DOHC untuk meningkatkan performanya.

Selain itu, ada komponen yang mengontrol klep tersebut. Dengan demikian, akselerasi mesin Honda terbaru ini jadi lebih konsisten di putaran bawah, tengah, dan atas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diprediksi Meluncur 2021

Meski telah dipatenkan, mesin baru ini nampaknya tak akan muncul dalam waktu dekat. Hal itu tak terlepas dari usia Honda PCX yang belum mencapai 2 tahun.

Diprediksi, mesin DOHC Honda PCX itu akan hadir bersamaan dengan versi facelift-nya. Bisa jadi, model terbaru dari skutik gambot tersebut dirilis pada pertengahan atau akhir 2021 mendatang.

Hanya saja, rumor yang beredar saat ini adalah basis produksi mesin tersebut berada di Thailand. Namun tak menutup kemungkinan juga akan dibuat di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.