3 Penyebab Utama Jendela Mobil Tiba-Tiba Rusak

Oleh Liputan6.com pada 22 Agu 2019, 11:03 WIB
Diperbarui 23 Agu 2019, 23:13 WIB
Kaca Jendela Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Jendela mobil dapat digerakkan dengan mudah menggunakan tombol power window. Namun hal jendela tersebut bisa saja tiba-tiba macet saat Anda hendak mengambil karcis parkir.

 

Hal itu disebabkan power window yang bermasalah. Selain macet, penyakit power window lainnya adalah jendela mobil terasa seret. Masalah-masalah power window itu disebabkan oleh tiga hal. Berikut 3 penyebab power window macet, seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

1. Sekering

Coba cek sekering. Tapi jika sudah diganti, tapi tetap bermasalah atau putus lagi, berarti harus mengecek bagian lain. Kemungkinan terjadi korslet.

Fungsi sekering sendiri untuk memutus arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. jika sekering tersebut rusak bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi, sehingga jendela mobil tak bisa dibuka.

 

2 of 3

2. Kelistrikan dan Saklar

Jika sekering sudah diganti, tapi tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

 

3 of 3

3. Motor atau Regulator

Kalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window. Komponen ini mungkin sudah lemah atau mengalami aus pada geriginya. Motor power window yang lemah harus diganti.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor power window dengan kaca. Jika regulator tersebut bermasalah maka kaca tidak akan bisa turun maupun naik. Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas, akibatnya kaca tidak bisa naik turun.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓