Sukses

Oli Boros dan Knalpot Mengeluarkan Asap Putih, Segera Cek Komponen Ini

Ring piston merupakan salah satu komponen mesin mobil yang memiliki masa pakai cukup lama karena tidak akan mudah rusak atau aus.

Liputan6.com, Jakarta - Ring piston merupakan salah satu komponen mesin mobil yang memiliki masa pakai cukup lama karena tidak akan mudah rusak atau aus. Meski demikian, pemilik mobil harus waspada apabila sudah mengalami kerusakan atau keausan, karena membuat performa kendaraan menurun dan menimbulkan polusi udara.

Keausan ring piston adalah kondisi dimana bagian samping dari ring mengalami pengikisan. Pengikisan ini, akan memperkecil diameter total dari ring, sehingga, celah pada silinder akan semakin melebar.

Berikut adalah tanda-tanda ring piston sedang bermasalah yang sebaiknya diketahui, seperti dilansir Suzuki Indonesia, Rabu (21/8/2019).

Oli Mesin Cepat Habis

Seharusnya, ring piston mampu merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tidak ada aliran oli dari penampung oli yang masuk ke ruang bakar. Tetapi jika ring piston aus, oli akan lebih mudah masuk ke ruang bakar ketika piston bergerak naik turun.

Pergerakan naik turun piston bisa menyebabkan oli di bak oli bergejolak. Gejolak ini akan membuat oli naik ke ruang bakar karena celah ring yang membesar, sehingga oli akan ikut terbakar dan volume oli mesin akan semakin berkurang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluar Asap Putih dari Knalpot

Asap putih adalah hasil dari oli yang terbakar didalam ruang bakar. Tanda ini ada hubungannya dengan oli yang cepat habis. Jika Anda melihat asap putih tipis (agak kebiruan) muncul dari dalam knalpot saat mesin hidup, coba cek volume oli mesin. Jika olinya berkurang maka dipastikan sudah terjadi keausan pada ring piston.

Suara Mesin Sedikit Lebih Kasar

Suara mesin yang normal itu halus. Sehingga, jika ada kebocoran kompresi maka suara mesin menjadi lebih kasar. Suaranya akan terasa tidak nyaman untuk didengar.

Itulah beberapa tanda ring piston sedang bermasalah. Jika muncul tanda-tanda tersebut di kendaraan Anda, segeralah cek kendaraan Anda ke bengkel resmi untuk mendapat solusi yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.