Sukses

Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala, Cek Speedometer-nya

Lampu ini mengindikasikan bahwa diperlukan tindak lanjut agar tidak menjadi masalah yang lebih parah.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, sebagian besar mobil yang beredar di Indonesia, memiliki lampu indikator engine di dashboard. Komponen ini, berfungsi sebagai pemberi peringatan dini pada pengendara, jika telah terjadi sesuatu pada mesin mobil.

Mengutip laman resmi Auto2000, lampu ini mengindikasikan bahwa diperlukan tindak lanjut agar tidak menjadi masalah yang lebih parah, seperti, mesin mogok di jalan secara tiba–tiba.

Dengan kata lain, pengendara perlu meningkatkan kewaspadaan bila lampu indikator ini menyala. Tapi tenang, tidak perlu panik. Karena, mungkin saja ada faktor lain yang sama sekali tidak mengakibatkan mobil mogok.

Contohnya, ketika terjadi masalah dengan kabel speedometer mobil. Kabel speedometer adalah komponen yang berfungsi untuk menunjukkan berapa laju kecepatan mobil, dan merupakan salah satu komponen yang dihubungkan ke lampu indikator engine.

Oleh sebab itu, jika putus atau lepas lampu indikator engine juga akan menyala.

Jadi, ketika tengah berkendara lalu lampu indikator engine menyala, yang pertama sebaiknya Anda lakukan adalah mengarahkan pandangan ke speedometer di dashboard.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Jarum

Perhatikan apakah jarum atau angka (bila digital) speedometer mobil tidak berubah ketika kecepatan mobil dipercepat atau diperlambat.

Speedometer adalah penunjuk kecepatan mobil. Jika kecepatan mobil berubah tapi jarum atau angka di speedometer tidak terpengaruh, mungkin saja kabel speedometer putus, bisa juga kabel terlepas dari dudukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.