Sukses

Bingung Pilih Kaca Film? Pahami 5 Istilah Ini

Kaca film merupakan salah satu komponen yang penting bagi mobil. Bukan hanya melindungi dari cahaya matahari, kaca film juga meningkatkan keamanan dan privasi pengendara.

Liputan6.com, Jakarta - Kaca film merupakan salah satu komponen yang penting bagi mobil. Bukan hanya melindungi dari cahaya matahari, kaca film juga meningkatkan keamanan dan privasi pengendara. Kaca film memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda-beda fungsinya. Sayangnya, masih banyak pengendara yang belum benar-benar paham apa saja maksud dan fungsi dari masing-masing spesifikasi tersebut. Agar dapat memilih kaca film yang sesuai dengan kebutuhan, sebelum melakukan pemasangan, ada baiknya anda mengetahui istilah-istilah yang ada pada kaca film:

1.Visible Light Transmission(VLT)   

VLT merupakan seberapa banyak cahaya mampu menembus kaca. Dalam bentuk persentase, semakin besar angka VLT maka semakin besar pula cahaya yang masuk sehingga makin silau. Sebaliknya, semakin kecil angka VLT, semakin sedikit cahaya yang tembus.    

VLT memiliki nilai terbalik dengan tingkat kegelapan. Semakin besar angka VLT maka kaca akan semakin bening. Saat memilih, pastikan menggunakan kaca film dengan angka VLT yang sesuai dengan kemampuan penglihatan pengemudi. Kaca film yang gelap akan berpengaruh pada keamanan berkendara, terutama pada malam hari.   

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2.Ultra Violet Rejected (UVR)   

UVR adalah kemampuan kaca film dalam menangkal sinar ultra violet yang ada pada cahaya matahari. Mobil yang terpapar ultra violet secara terus menerus dapat berpengaruh pada kondisi interior dan juga kesehatan pengendara serta penumpang. Menggunakan persentase, semakin besar angka UVR maka makin besar pula kemampuan menangkal sinar UV

 

3 dari 5 halaman

3.Visible Light Reflectance (VLR)

VLR adalah kemampuan kaca dalam menciptakan pantulan berupa refleksi. Salah satu yang seringkali terlihat adalah refleksi dashboard mobil. Dalam situasi yang penuh cahaya seringkali refleksi tersebut dapat mengganggu dan mengalihkan fokus pengendara. Semakin rendah nilai VLR maka refleksi yang tercipta juga makin kecil. Hal ini dapat berdampak pada keamanan dan kenyamanan pengendara.

 

4 dari 5 halaman

4.Infrared Rejected (IR) 

IR adalah kemampuan kaca dalam menangkal radiasi inframerah. Inframerah adalah radiasi penghasil panas yang ada pada cahaya matahari. Semakin tinggi nilai IR maka semakin besar kemampuannya menangkal radiasi inframerah.

 

5 dari 5 halaman

5.Total Solar Energy Rejected (TSER)  

TSER adalah kemampuan kaca film untuk menangkal infra red, ultra violet dan VLT. Secara umum TSER adalah kemampuan untuk menolak panas dari cahaya matahari. Semakin besar nilai TSER maka akan semakin sedikit pula panas yang masuk ke dalam mobil.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini