Sukses

Wajib Tahu, Ini Alasan Air Radiator Memiliki Warna

Radiator merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat. Berfungsi sebagai pendingin, radiator membantu menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga tidak mengalami overheat.

Liputan6.com, Jakarta - Radiator merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat. Berfungsi sebagai pendingin, radiator membantu menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga tidak mengalami overheat.

Karena fungsi itu, komponen ini harus diisi dengan cairan yang biasa disebut air radiator. Mungkin masih banyak dari pemilik yang bertanya-tanya dan belum tahu alasan kenapa air radiator diberi pewarna.

Tidak sembarangan, pemberian warna ini memiliki fungsi. Apa fungsi air radiator atau coolant diberi warna? Bukan hanya untuk identitas pabrikan, pemberian warna di air radiator ternyata memiliki fungsi penting, seperti dilansir Suzuki Indonesia, Senin (19/8/2019).

Tiap Pabrikan Beda Warna

Umumnya, untuk masing-masing pabrikan kendaraan berbeda warna. Alasan air radiator diberi warna ialah untuk memudahkan pemilik mobil dan bengkel saat ingin membedakan dengan cairan lainnya.

Sehingga, saat ada kebocoran pemilik dan mekanik bisa langsung melakukan identifikasi apakah yang bocor itu dari oli atau air radiator.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warna dan Kualitas Air Radiator Tak Berkaitan

Beberapa warna air radiator atau coolant yang paling banyak digunakan ialah hijau, merah, kuning, dan biru. Satu hal yang harus diketahui adalah perbedaan warna air radiator bukan berarti berbeda kualitas.

Karena warna yang disematkan hanya pewarna yang tidak memiliki hubungan dengan fungsi atau kualitas setiap produk air radiator. Jadi bisa disimpulkan, tidak ada hubungan antara warna dengan kualitas air radiator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.