Sukses

Jangan Salah, Ini Arti Huruf dan Angka pada Tuas Persneling Mobil Matik

Mobil dengan transmisi otomatis atau matik semakin banyak diminati untuk pemakaian dalam kota berlalu lintas padat. Lebih praktis dan mudah dikendarai menjadi alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matik semakin banyak diminati untuk pemakaian dalam kota karena lalu lintas yang semakin padat. Lebih praktis dan mudah dikendarai menjadi alasan masyarakat Tanah Air memilih menggunakan mobil matik.

Meski tak harus mengoper gigi dan menginjak kopling, sebelum memutuskan mengendarai mobil matik ada baiknya pengemudi mempelajari dulu arti huruf dan angka yang terdapat pada persneling mobil matik.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Minggu (18/7/2019) umumnya tuas transmisi terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L. Memiliki fungsi berbeda, berikut arti dan penjelasan dari huruf dan angka tersebut.

P memiliki arti parking atau parkir. P biasa digunakan untuk mobil yang diparkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bergerak.

R memiliki arti reverse atau gigi mundur. Gigi ini biasanya digunakan saat pengendara hendak memundurkan kendaraan.

N adalah neutral atau netral. Dalam posisi ini, mesin dan transmisi tidak terhubung.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Shift Lock

D adalah singkatan dari drive atau jalan. Umunya, mobil matik melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur secara otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.

Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.

Sedangkan L memiliki fungsi untuk menahan gigi tertinggi yakni gigi 1.

Ada juga beberapa mobil bertransmisi matik yang memiliki shift lock di sekitar tuas transmisi. Shift lock ini memiliki fungsi untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong untuk menggesernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.