Berbasis Honda Forza, ADV300 Diisukan Rilis Akhir Tahun

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2019, 20:08 WIB
Honda ADV 150

Liputan6.com, Jakarta - Dunia roda dua, baru saja dibuat heboh oleh kemunculan ADV150. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen, sukses menyajikan skutik genre baru.

Melalui tampang yang lebih jantan ketimbang skutik biasa, produk ini mewarnai persaingan di segmen premium 150 cc. Wajar jika animonya positif.

Ditandai dengan pemesanan yang mencapai ribuan unit. ADV150 juga menjadi buah bibir di berbagai negara.

Tak hanya itu, angin segarpun terasa ke negara lain. Utamanya saat AHM mengumumkan, skutik itu juga bakal diekspor. Kendati, mereka belum mengumumkan negara tujuannya.

Tampaknya belum dalam waktu dekat, mengingat pasar domestik jelas jadi prioritas. Jadi, calon peminang di luar Indonesia wajib bersabar.

Namun gosip anyar merebak terkait skutik bergaya adventure ini. Hanya saja, kabar itu bukan dari AHM. Sebuah media asal Vietnam, Motosaigon.vn menuliskan dugaan keberadaan Honda ADV300.

Menurut mereka ADV300 mengadopsi penuh desain ADV150. Bisa dikatakan, tak ada perbedaan. Bedanya cuma di mesin.

Sumber serupa menyebut, Honda ADV300 menggunakan basis mesin Honda Forza 300. Sama-sama SOHC berkapasitas 279 cc. Tenaganya mencapai 25 Hp di 7.000 rpm dan torsi 27,2 Nm pada putaran 5.750 rpm.

Perbedaan sudah pasti terletak pada desain. Forza tampil elegan, sementara ADV disajikan atraktif dan dinamis. Pembeda lainnya ada pada impresi berkendara. Forza 300 diposisikan sebagai cruiser, mengejar kenyamanan di aspal.

Nah, ADVpun demikian. Tapi, dia bisa diajak sedikit ‘nakal’ ke luar aspal. Apalagi sudah dilengkapi stang fat bar dan ban semi dual purpose.

 

2 of 3

Buatan Thailand

Jika benar adanya, dipastikan Honda ADV300 adalah buatan Thailand. Mengingat Honda Forza 300 juga digarap secara global di sana. Artinya, ADV300 bakal dinikmati konsumen di kawasan Eropa dan pastinya warga Thailand.

Rumornya, Honda ADV300 melakoni debut di Tokyo Motor Show 2019, yang berlangsung pada 24 Oktober-4 November 2019. Besar kemungkinan dia baru resmi dijual tahun depan. Sedangkan harga diperkirakan menyerempet rekan sesama maxi scooter-nya.

Forza 250, untuk pasar Indonesia juga hasil racikan Thailand. Skuter gambot ini datang utuh ke Indonesia dengan harga jual Rp 81.950.000. Sambutannya juga cukup baik. Lantas, apakah Forza 250 bakal berbaju ADV?

Belum ada informasi lanjutan, meski tidak menutup kemungkinan. Toh sudah jadi kebiasaan Honda melengkapi produknya di kelas tertentu. Bisa dilihat seberapa banyak pemain mereka di segmen skutik entry level.

Sepak terjangnya pada kategori premium 150 cc, mulai terlihat dengan hadirnya ADV150. Kemungkinan bisa mengganggu sedikit pasar Yamaha NMax. Lalu adanya ADV250 sudah pasti untuk meladeni Yamaha XMax. Kita tunggu saja kelanjutannya.

Sumber: Oto.com

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓