Sukses

4 Kelebihan Penggunaan Radiator Coolant Dibanding Air Biasa

Radiator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil. Berfungsi sebagai pendingin, radiator membantu menjaga mesin mobil berada pada suhu stabil dan tidak mencapai overheat.

Liputan6.com, Jakarta - Radiator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil.Berfungsi sebagai pendingin, radiator membantu  menjaga mesin mobil berada pada suhu stabil dan tidak mencapai overheat. 

Namun, beberapa pengguna mobil masih bertanya-tanya apakah air radiator harus menggunakan coolant atau air biasa. Meskipun air biasa bisa digunakan sebagai air radiator, dilansir caruser.net, terdapat beberapa kelebihan coolant yang dapat membuat kendaraan anda dapat berfungsi lebih baik.

1.Mengandung komposisi kimia khusus

Cairan coolant dibuat dengan air yang sudah mengalami proses deionisasi dan demineralisasi. Ini membuat coolant bebas dari mineral dan kotoran yang ada pada air. Selain bersih, coolant juga ditambahkan beberapa bahan kimia seperti propylene glicol dan corrosion inhibitor.

Propylene glicol berfungsi untuk meningkatkan titik didih air sementara corrosion inhibitor berfungsi sebagai anti karat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Memiliki Titik Didih Lebih Tinggi dan Titik Beku Lebih Rendah

Kandungan propylene dapat meningkatkan tingkat didih dari coolant. Ini membuat coolant lebih sulit untuk menguap. Hal ini penting agar sistem pendingin terhindar dari kebocoran akibat peningkatan volume karena penguapan. 

Selain meningkatkan tingkat didih, propylene juga membuat coolant memiliki titik beku yang lebih rendah. Meskipun tidak terlalu berpengaruh pada iklim tropis, hal ini sangat berguna di wilayah dengan iklim dingin yang ekstrem.

3. Lebih Stabil

Dikarenakan sudah melalui proses deionisasi, coolant akan bebas dari kandungan kimia yang dapat memengaruhi baja pada mesin. Air biasa masih memiliki mineral dan kandungan kimia lain yang dapat bereaksi pada material baja mesin. Salah satunya adalah kandungan asam yang dapat mengikis baja, oksigen yang menyebabkan korosi, serta kerak yang disebabkan tingginya kandungan kalsium pada air biasa.

 

3 dari 3 halaman

4.Efektif Menyerap Panas

Kandungan propylene juga memiliki efek yang membuat coolant lebih efektif menyerap panas dibandingkan air biasa.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini