Dibuat di Indonesia, Berapa Komponen Lokal Pikap Esemka Bima?

Oleh Arief Aszhari pada 14 Agu 2019, 15:02 WIB
Logo Esemka

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan merek asal Indonesia, Esemka tengah bersiap masuk ke pasar otomotif Tanah Air. Meskipun begitu, hingga saat ini memang belum diketahui pasti waktu peluncuran mobil yang sempat digunakan orang nomor 1 di negara ini, Joko Widodo, saat masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Menurut Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Eddy Wirajaya, untuk model pertamanya nanti, adalah model pikap Bima.

Namun, hingga saat ini, masih dipersiapkan terkait fasilitas perakitan dan juga penyuplai untuk komponen kendaraannya.

"Kita sedan on progress, dan dengan even ini (pameran komponen otomotif lokal di Kemenperin) progress (komponen lokal) kita bertambah," jelas Eddy saat ditemui di Kantor Kemenperin, di sela-sela penandatanganan letter of intens (LOI) dengan beberapa perusahaan komponen dalam negeri, Selasa (13/8/2019).

Lanjutnya, untuk komponen lokal Esemka Bima ini, perusahaan yang bakal melakukan produksinya di Boyolali, Jawa Tengah ini berharap bisa mencapai semaksimal mungkin. Meskipun, hingga saat ini, Esemka juga masih kesulitan untuk mendapatkan penyuplai komponen dari dalam negeri.

"Sebenarnya, kesulitan umum semua otomotif hal yang utama, yaitu support dari supplier adalah bagian yang terpenting. Makanya kita bersyukur, bahwa kita mendapatkan kempatan mengajak partisipasi lokal konten jadi bagian kita," tegasnya.

2 of 3

Komponen Esemka Bima

Dalam pameran komponen lokal, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) juga memajang beberapa komponen lokal yang sudah digunakan, seperti tangki BBM dari PT INKA, kaca depan dari Armada Inda Agung Glass, Sasis dari PT INKA, blok mesin dan transmisi dair Cikarang Perkasa Manufacturing, dan shockbreaker dari Indospring.

Sedangkan untuk radiatornya, masih disuplai oleh PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna, brake shoes dari PT Pasindo, engine mounting UD Adi Surya Gemilang, dashboard dan steer wheel PT Usra Tampi, dan blok mesin dan blok transmisi PT Cikarang Perkasa manufacturing.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓