Demi Kebaikan, MV Agusta F3 800 Ini Terjual Rp1,6 Miliar

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2019, 14:05 WIB
MV Agusta F3 800 Seharga 1 Miliar Laku di Acara Amal UNICEF

Liputan6.com, Sardinia - Akhir minggu lalu, banyak selebriti, musisi, dan aktor datang ke Sardinia, Italia untuk menghadiri salah satu acara amal terbesar di dunia, UNICEF Summer Gala. Banyak dari mereka datang untuk berpartisipasi dalam donasi dan membeli apapun yang ditawarkan organisasi tersebut, mulai dari seni hingga barang unik.

Salah satu barang yang dijual adalah motor F3 800 milik MV Agusta dengan desain UNICEF. Memiliki bobot 173 kg, motor ini memiliki mesin 798cc inline 3-silinder dengan transmisi manual 6-percepatan. F3 800 memiliki tenaga 148Tk dan torsi 88 Nm dengan kecepatan puncak mencapai 240 km/jam.

Seorang kolektor MV yang tidak disebutkan namanya, memboyong motor ini dengan harga nyaris menyentuh 1,6 miliar rupiah. Sebagai perbandingan, berdasarkan situs resmi mvagusta.com harga jual F3 800 dimulai seharga 277 juta rupiah.

"Kami senang F3 800 milik kami untuk UNICEF Italia menemukan pembeli yang dermawan. Semua motor kami dibuat hand-crafted dan membutuhkan kebanggaan, gairah serta pengalaman untuk menciptakannya," ucap Timur Sardarov selaku CEO MV Agusta.

Penulis: Khema Aryaputra

2 of 3

Satu-satunya di Dunia, MV Agusta Ini Berlabur Emas

MV Agusta
MV Agusta menghadirkan Dragster 800 RC berlabur emas. Mereka menjulukinya Dragster 800 RC Shining Gold. (Rideapert)

MV Agusta menghadirkan Dragster 800 RC berlabur emas. Mereka menjulukinya Dragster 800 RC Shining Gold. 

Sesuai namanya MV Agusta Dragster 800 RC Shining Gold, beberapa komponen di motor itu berwarna emas. Seperti di tangki bahan bakar, pelek, frame, subframe, handle rem, cover knalpot, sepatbor hingga windshield kecil di atas lampu depan.

 

 
 

 

Namun ternyata, warna gold yang terlihat mencolok itu bukan emas asli, melainkan Ergal. Merupakan jenis paduan aluminium dengan seng yang biasanya digunakan untuk struktural pesawat dan senjata. Tidak lupa juga, di beberapa bagian terdapat komponen berbahan karbon fiber.

Dilansir dari laman Zigwheels, mesinnya tidak mengalami perubahan, sama seperti produk Dragster 800 RC. Didukung mesin berkapasitas 798cc, tiga silinder yang dapat menyemburkan tenaga 140 Hp pada putaran mesin 13.100 rpm dan torsi 87 Nm pada 10.100rpm. MV Agusta mengklaim, Dragster 800 RC memiliki kecepatan tertinggi 245 km/jam.

Fitur di motor ini juga masih sama. Mengadopsi evolusi terbaru dari sistem MVICS, Full Ride by Wire multimap dan traction control yang dapat disesuaikan hingga 8 tingkat pilihan.

Terdapat juga sistem kopling baru dengan Quickshifter EAS 2.0, untuk memaksimalkan tenaga mesin yang tersalurkan saat perpindahan gigi transmisi.

3 of 3

Pesanan Khusus

Pengereman memakai perangkat dari Brembo bersistem floating disc (depan) berdiameter 320mm, kaliper 4-piston, piringan cakram belakang 220mm, kaliper twin-piston. Untuk ABS-nya sendiri menganut part dari Bosch.

Bagian menarik dari motor ini ada pada bagian tangki dan segitiga atasnya. Di situ tertulis unique model 001/001, yang artinya cuma satu-satunya.

Menurut kabar burung, MV Agusta Dragster 800 RC Shining Gold ini merupakan pesanan khusus. Rumorsnya dari Otabek Umarov, menantu Presiden Uzbekistan sekaligus Presiden Federasi Triathlon Uzbekistan.

Karena ini pesanan khusus, MV Agusta memberikan hadiah berupa knalpot dari SC Project tipe Reparto Corse. Demi tampil maksimal, sang pemilik diberikan helm X-lite X-803 Ultra Carbon dengan warna yang sama.

Tidak ada yang tahu pasti, berapa harga yang dibanderol untuk model MV Agusta Dragster 800 RC berkilau ini. Pihak MV Agusta mengatakan, teknisi mereka telah menciptakan model unik, dan menyebut ini motor yang fantastis.

“Diciptakan untuk pelanggan istimewa, model unik ini menyatukan yang terbaik dalam hal mirror silvering dan detail finishing.”

Sumber: Oto.com

 
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait