Sukses

Ciri-Ciri Shockbreaker Mobil Harus Segera Diganti

Shockbreaker berfungsi sebagai peredam guncangan, sehingga kenyamanan pengendara dan penumpang tetap terjaga.

Liputan6.com, Jakarta - Shockbreaker berfungsi sebagai peredam guncangan, sehingga kenyamanan pengendara dan penumpang tetap terjaga.

Meskipun jalan yang dilalui memiliki tekstur yang tidak rata, pengendara tidak akan merasakan guncangan berlebih apabila komponen ini bekerja dengan maksimal.

Tapi pemilik kendaraan perlu memperhatikan secara teliti dan melakukan pergantian apabila komponen ini sudah mengalami masalah serius.

Berikut beberapa alasan Shockbreaker harus segera diganti seperti dilansir Garda Oto, Selasa (13/8/2019):

Ayunan Berlebihan

Ketika anda merasakan mobil berayun lebih lembut dari biasanya, khususnya ketika melakukan belokan di sebuah tikungan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke posisi stabil, maka bisa dipastikan performa shockbreaker sedang tidak maksimal dan harus segara diganti.

Bila dibiarkan hal ini bisa membahayakan diri sendiri karena kontrol gerak mobil tidak bisa dikendalikan secara maksimal dan kemungkinan terparahnya adalah kecelakaan.

Suara Berisik

Suara berisik pada shockbreaker menandakan kondisinya sudah tidak berfungsi secara maksimal, sehingga anda perlu mengganti komponen ini dengan yang baru.

 

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Tidak Seimbang

Cara mudah mengecek hal ini ialah meletakkan mobil di jalan rata. Langkah selanjutnya ialah memperhatikan jarak antara ban dan sepatbor roda.

Bila terlihat setiap roda memiliki jarak yang berbeda dengan sepatbor, maka kemungkinan salah satu shockbreaker tidak berfungsi dengan baik. Karena itu, pergantian harus segera dilakukan.

Oli Shockbreaker Bocor

Alasan perlunya mengganti shockbreaker pada mobil adalah adanya kebocoran. Hal ini tentu akan membuatnya bekerja tidak maksimal. Dengan adanya kebocoran ini, penyetelan ulang perlu dilakukan dan biaya yang dihabiskan cukup besar.

Karena itu, akan lebih efisien bila mengganti shockbreaker lama dengan yang baru.

Ban Aus Tidak Merata

Bila ban pada mobil aus di salah satu bagian maka hal tersebut merupakan tanda kondisi shockbreaker tidak bekerja dan telah mengalami kerusakan untuk waktu yang lama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.