Perhatikan Sejumlah Hal Sebelum Membeli Mobil Bekas

Oleh Liputan6.com pada 11 Agu 2019, 10:10 WIB
Agya-Ayla Bekas Paling Dicari Konsumen Mobil88

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin memiliki mobil pribadi tanpa menguras kantong, membeli mobil bekas bisa menjadi salah satu alternatif. Harga mobil second biasanya memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan dibanding yang baru. Bisa berbeda jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung dari tahun dan kondisinya.

Tetapi sebelum membeli mobil bekas ada baiknya untuk memperhatikan berbagai macam aspek dari kendaraan tersebut. Semuanya bertujuan agar tidak salah pilih dan tetap bisa mendapat harga yang sesuai. Berikut hal-hal yang perlu anda lakukan sebelum membeli mobil bekas:

1. Perhatikan bagian interior dan eksterior

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengecek bagian eksterior dan interior mobil apakah terdapat gores, penyok, karat, sobek dan kemungkinan kerusakan yang lain.

Selain itu cek juga bagian-bagian bergerak seperti pintu mobil, jendela, bagasi. Tujuannya untuk memastikan bahwa komponen itu dapat bergerak dengan mudah alias tidak mengalami kemacetan.

 

 

2 of 4

2. Cek jarak tempuh mobil

Suzuki
Dealer Suzuki kini menawarkan mobil bekas. (Arief/Liputan6.com)

Semakin jauh jarak tempuh yang sudah dilalui mobil maka tentunya memiliki kemungkinan adanya penurunan kualitas. Namun, hal ini tidak sepenuhnya pasti. Apabila pengguna sebelumnya merawat mobil dengan baik maka walaupun memiliki jarak tempuh yang jauh mobil bisa tetap berada dalam kondisi prima.

Sebaliknya, jarak tempuh yang sedikit belum tentu berkualitas lebih baik. Mobil yang jarang digunakan juga bisa memiliki masalah akibat seperti sistem penggerak yang macet dan lain sebagainya.

3 of 4

3. Lihat kondisi mesin

Apabila tidak begitu paham, Anda bisa meminta tolong mekanik untuk mengecek apakah ada kerusakan pada bagian dalam mesin. Meskipun dari luar mobil terlihat dalam kondisi baik tetapi yang paling penting adalah bagian mesin dan komponen-komponen lainnya yang turut menentukan umur mobil.

4. Lakukan test drive

Setelah melakukan beragam pengecekan, lakukan test drive untuk melihat kinerja mobil, apakah panel instrumen berfungsi dengan baik, kondisi rem, pergerakan gigi dan sebagainya. Test drive juga menjadi kesempatan untuk merasakan apakah Anda nyaman dengan mobil tersebut.

5. Bandingkan harga dan kondisi dari mobil serupa

Jika punya waktu, jangan terburu-buru untuk membeli mobil incaran Anda. Coba berkeliling sebentar untuk menemukan mobil yang sama dan bandingkan harga serta kondisinya. Akhirnya Anda akan menemukan harga dan kondisi yang lebih ideal.

Penulis: Khema Aryaputra

4 of 4

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait