Bikin Jokowi Terpukau, Intip Kecanggihan Proton Persona

Oleh Amal Abdurachman pada 09 Agu 2019, 23:37 WIB
Presiden Jokowi menumpangi mobil yang dikemudikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad. (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Malaysia pada Jumat (9/8/2019). Jokowi sempat menumpangi Proton Persona yang dikemudikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad.

Dilansir Carlist.my, Proton Persona model 2019 mengadopsi mesin 1,6 liter yang memuntahkan tenaga 107 Tk dengan torsi puncak 150 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT atau manual 5-percepatan.

Mobil sedan ini dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang memadai, seperti 6 airbags, ABS with EBD, Traction Control, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist Control (HAC).

Untuk diketahui, Proton Persona terbaru disematkan 303 pembaruan di berbagai sektor. Tujuan utamanya adalah menyempurnakan rasa berkendara, konektivitas, serta efisiensi bahan bakar.

Menariknya, Proton Persona disemati teknologi voice command "Hi Proton". Voice command ini terintegrasi dengan internet. Namun, voice commandnya tak secanggih X70, yang bisa membuka jendela, sunroof, dan lain sebagainya.

Menyoal harga, Proton Persona dibanderol mulai RM 42.600 atau Rp144,6 juta berstatus OTR.

2 of 2

Komentar Jokowi

 
 
 
View this post on Instagram

Jumat siang di Malaysia. Seusai melakukan pertemuan bilateral di Perdana Putra Building, Putrajaya, Perdana Menteri Tun Mahathir Mohamad mengajak saya semobil menuju Dining Hall, Seri Perdana. Mobilnya jenis Proton Persona berkelir merah. Saya duduk depan, di samping pengemudi. Dan yang mengemudikan, Anda tahu siapa? PM Mahathir sendiri. Luar biasa. Melajulah kami dalam rangkaian kendaraan pengawal dan mobil-mobil lain menuju lokasi jamuan santap siang hari ini. Ini kali kedua saya mendapat kehormatan duduk di mobil yang dikemudikan Dr. M. Lebih empat tahun lalu, saat berkunjung ke Malaysia, beliau juga mengajak saya untuk test drive mobil Proton yang disetir sendiri. Kecepatannya sungguh mendebarkan: sampai 180 kilometer per jam. Tapi perjalanan hari ini lebih kalem. Pelan-pelan melaju dalam rangkaian kendaraan hehe. Terima kasih Dr. M ...

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Lanjutkan Membaca ↓