Baojun RS-5, Kerabat Wuling Almaz yang Menggoda

Oleh Liputan6.com pada 11 Agu 2019, 06:03 WIB
Baojun RS-5, Kerabat Wuling Almaz yang Menggoda

Liputan6.com, Beijing - CUV (Crossover Utility Vehicle) terbaru Baojun yaitu all new RS-5 mulai dijual di Cina pada April lalu. Mobil tersebut mirip Baojun 530 atau Wuling Almaz yang dijual di Tanah Air.

Namun, terdapat perbedaan signifikan, terutama fitur yang membuatnya lebih terasa premium. Berikut jabarannya.

Ada lima varian yang ditawarkan; Super Connected Manual, Super Connected Trends, Smart Driving Deluxe Edition, Smart Driving Control Premium Edition dan yang tertinggi Smart Driving Ultimate. Banderolnya mulai Rp 197 jutaan hingga Rp 237 jutaan.

Wajahnya punya tatanan yang sama dengan Baojun 530: lampu sipit di atas berupa kombinasi daytime running light dan sein. Di bawahnya headlamp LED yang disusun bertingkat dengan foglamp. Grille menjadi pembeda paling mencolok.

Untuk kembaran Wuling Almaz atau Baojun 530 memakai bentuk berlian dengan perpaduan kisi-kisi vertikal dengan dua palang horizontal yang dominan. Sementara bagian dalam grille RS-5 dipenuhi bintik-bintik yang memberikan kesan lebih mewah. Bicara desain tubuhnya, ia adopsi gaya 530 yang kekar, tapi dimensinya berbeda, yaitu 4.570 x 1.870 x 1.720 mm (PxLxT). Bodinya lebih pendek dan rendah, tapi melebar sedikit.

 

 

2 of 4

Spesifikasi

Urusan jantung mekanis, berdasarkan data di laman resmi Baojun, spesifikasinya 1,5 liter turbocharger. Konfigurasi itu menghasilkan tenaga puncak 148 Tk dan torsi 250 Nm. Ia dipadukan dua opsi transmisi manual 6-speed dan CVT 8-speed.

Beralih ke fitur, segudang teknologi terkini diaplikasikan, khususnya pada varian tertinggi. RS-5 tak menggunakan kunci konvensional, alias mengusung smart key untuk membuka pintu dan start-stop button saat menyalakan/mematikan mesin. Head unit-nya besar, 10,25 inci, dilengkapi kemampuan perintah suara. Bahkan ia dapat dikoneksikan ke internet, melakukan berbagai aktivitas, seperti navigasi, belanja e-commerce atau mendengarkan musik. Ini dikombinasikan dengan sistem audio Infinity by Harman yang jumlahnya mencapai 9 speaker. Di sisi pengemudi disuguhkan panel instrumen 12,3 inci yang bisa dihubungkan ke head unit.

 

3 of 4

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatannya mutakhir, seperti forward collision warning, automatic emergency braking, collision mitigation yang aktif mendeteksi adanya pejalan kaki di depan. Keamanan dan kenyamanan berkendaranya makin mantap berkat: safety distance alarm, adaptive brake assist, intelligent speed limit assist, electronic stability system, anti-lock braking system, electronic brake distribution, vehicle dynamic control system, brake assist function, traction control function, dan uphill accessibility. Urusan parkir lebih mudah, lantaran ada kamera 360 derajat, rem tangan elektronik dengan autohold automatic parking, sensor parkir (depan-belakang)

Masih ada lagi, adaptive cruise control, lane departure warning, lane keeping assist, curved cruise assist (membantu mengurangi tenaga ketika memasuki tikungan), intelligent far and near light switching dan tire pressure monitoring system. Perangkat perlindungannya diperkuat 6 airbag yang meliputi dua depan, dua samping bangku baris pertama dan sisi jendela dari depan hingga paling belakang.

Jika model ini hadir di Indonesia, tentunya menjadi rival yang cukup berat bagi pabrikan otomotif lain, terutama dari Jepang. Mengingat teknologi yang diboyongnya begitu lengkap dan harganya kompetitif. 

Sumber: Oto.com

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓