Mobil Putih Rentan Menguning, Begini Cara Melenyapkannya

Oleh Septian Pamungkas pada 08 Agu 2019, 14:33 WIB
Diperbarui 08 Agu 2019, 14:33 WIB
mobil
Perbesar
Proses poles pada kap mesin. Terlihat perbedaan warna antara bagian yang sudah dipoles dengan yang belum. (Septian / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil kelir putih belakangan ini menjadi favorit. Warna ini dianggap memberikan kesan mewah dan elegan.

Padahal, warna terang seperti ini membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, sedikit saja kotoran menempel maka akan terlihat jelas dan menjadi tidak sedap dipandang.

Dan salah satu yang kerap dialami mobil warna putih adalah efek menguning. Warna cat pada bodi mobil tidak lagi cerah dan cenderung kusam.

Banyak faktor penyebabnya, mulai dari pemakaian yang rutin, terlalu lama terpapar sinar matahari, debu, jamur, hingga jarang dicuci.

Untuk mengembalikan warna supaya kembali cerah seperti semula, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan treatment khusus seperti auto detailing dan coating.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Usia Coating

mobil
Perbesar
Proses pembersihan ruang mesin dengan cairan khusus. (Septian / Liputan6.com)

Adi Purwanto selaku Account Executive Makko Group yang membawahi Topcoat menyampaikan, dalam proses perawatan ini ada beberapa tahapan yang dilakukan.

"Pertama dicuci dulu, kemudian auto detailing untuk menghilangkan semua kerak, debu, flek, jamur yang menempel,"

"Kemudian masuk ke proses polish atau poles menggunakan kompon antara tiga sampai empat step. Nah proses ini yang mengembalikan warna cat seperti kembali ke semula.proses selanjutnya adalah coating untuk proteksi," terang Adi kepada Liputan6.com belum lama ini.

Dirinya menyebutkan, usia coating bisa bertahan hingga 5-6 tahun. "Dengan catatan maintenance rutin tiap enam bulan sekali," ujarnya.

Sekadar informasi, Topcoat menawarkan perawatan mobil dengan paket all in yang meliputi eksterior, interior, mesin dan kaca, dengan garansi selama 3 tahun. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 4-7 juta tergantung ukuran mobil.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓