Sukses

Porsche Punya Tim Khusus Pemberantas Suku Cadang KW

Menghadapi fenomena tersebut, mengutip dari Motor1.com, Porsche sampai membentuk tim khusus. Setidaknya ada 3 tim yang bertugas melacak, menyita, dan melenyapkan suku cadang palsu Porsche.

Liputan6.com, Stuttgart - Berkat perkembangan teknologi yang semakin cepat, mencari suku cadang mobil cukup dengan berselancar di dunia maya. Beragam suku cadang tersedia dari berbagai negara, dari brand Jepang hingga Jerman seperti Porsche.

Namun, hal ini ternyata disalahgunakan oleh sebagaian orang. Ya, mereka memasarkan suku cadang palsu dengan harga yang lebih terjangkau, tapi kualitasnya tentu tak sebaik aslinya.

Menghadapi fenomena tersebut, mengutip dari Motor1.com, Porsche sampai membentuk tim khusus. Setidaknya ada 3 tim yang bertugas melacak, menyita, dan melenyapkan suku cadang palsu Porsche.

Berbagai suku cadang palsu Porsche ternyata banyak beredar di situs jual beli online, seperti Amazon, eBay, dan Alibaba. Sayangnya pembuat barang tersebut masih sulit dilacak.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualitas Setara Asli

Menurut sumber yang sama, pada 2018 lalu, tim khusus Porsche ini berhasil mengamankan lebih dari 200.000 barang palsu dan sekitar 33.000 di antaranya adalah suku cadang. Total, nilai seluruh barang tersebut mencapai USD67 juta, setara Rp953,4 miliaran (USD1 = Rp14.230).

Kadang pemalsuannya sangat mudah diketahui. Barang-barang tersebut lebih murah dari yang asli, atau replika logo Porsche yang mereka buat kualitasnya buruk, ujar Michaela Stoiber, Pengacara Porsche.

Kadang kami menemukan hewan yang berbeda ada di tengah logo. Sebagai contoh, bukan kuda Porsche, tapi itu adalah domba yang berdiri dengan kaki belakangnya, tambah Michaela.

Porsche memperkirakan 80% dari barang palsu tersebut dibuat di Cina. Menariknya Porsche menyebutkan ada beberapa perusahaan yang kualitas pengerjaannya nyaris sama dengan produk asli Porsche, mulai dari bahan hingga detailnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.