Sukses

Pengguna Motor Matik Wajib Perhatikan Posisi Duduk

Kemampuan pengendara sepeda motor matik tidak hanya sekadar mampu mengendarainya, tapi juga memahami safety riding.

Liputan6.com, Jakarta - Kenyamanan dan keselamatan saat berkendara merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Karena itu kemampuan pengendara sepeda motor matik tidak hanya sekadar mampu mengendarainya, tapi juga memahami safety riding.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, salah satunya posisi duduk yang benar, terutama saat mengendarai motor matik.

Ketika mengendarai skuter matik (skutik), keseluruhan kaki harus berada di dalam deck.  Posisi lutut pun tidak boleh keluar dari sayap motor skutik, seperti dilansir Federal Oil, Rabu (7/8/2019).

Selain itu, posisi paha, lutut hingga kaki harus sejajar dan disarankan tidak keluar dari bodi depan. Saat ini masih banyak yang menganggap posisi terluar motor ada di setang atau spion. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Bahaya

Padahal, bagian bawah motor juga memiliki titik bahaya, terlebih saat anggota tubuh keluar dari posisi seharusnya.

Bagaimana tidak, apabila ada pengendara lain yang jaraknya tak terlalu jauh tanpa sengaja menyenggol posisi kaki tentu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Tak hanya itu, kondisi macet yang mengharuskan pengendara motor matik menyalip dan berkendara di antara mobil tentu harus memperhatikan posisi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.