Sukses

Dibanderol Rp100 Jutaan, Mobil Listrik Jaguar KW Punya Jarak Tempuh 310 Km

Meniru desain mobil terkenal dan mewah sering dilakukan oleh pabrikan Cina. Salah satunya adalah Hanteng Auto yang menjiplak desain Jaguar F-Pace. Hasilnya adalah mobil listrik Xingfu e +.

Liputan6.com, Shangrao - Meniru desain mobil terkenal dan mewah sering dilakukan oleh pabrikan Cina. Salah satunya adalah Hanteng Auto yang menjiplak desain Jaguar F-Pace. Hasilnya adalah mobil listrik Xingfu e +.

Lihat mukanya, mirip sekali dengan Jaguar F-Pace. Namun ia sepenuhnya bertenaga listrik. Unit dijual 59.800 yuan, setara Rp 120 jutaan. Yang menarik, Xingfu punya daya jelajah 310 km saat baterai terisi penuh.

Xingfu e +, nama ini mengacu pada ejaan Mandarin yang berarti kebahagiaan. Ditambah pengucapan e +, kesatuan nama punya makna keluarga bahagia. Makin “sumringah” pula dengan harga yang murah. Pemerintah Cina memberi subsidi bagi warganya yang membeli mobil hijau. Ditambah, infrastruktur (pengisian baterai) di sana makin masif. Teknologi elektrifikasi juga berkembang pesat. Wajar bila banderolnya bersaing.

Lantas seperti apakah kemampuan yang dimilikinya? SUV mungil ini disenjatai motor listrik bermagnet sinkron permanen. Daya maksimum yang dihasilkan 42kW (56 Tk) dan torsi puncak 180 Nm. Pabrikan mengklaim, mobil sanggup menjelajah 192 mil. Susunan baterai yang digunakan berjenis lithium dengan kapasitas 30,75 kWh.

Untuk mengecas baterai mobil listrik ini, diperlukan dua jam dari 0 hingga 100% dalam mode pengisian cepat. Dan 10 jam dalam mode pengisian lambat. Bergantung pada kapasitas stasiun pengisian.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampilan

Meski bertampang F-Pace, namun lekukan bodi Hanteng Xingfu e + lebih sederhana. Garis pinggang lurus menjalar ke sisi tubuh. Dimensinya pun lebih kecil. Ia punya panjang 3.721 mm, tinggi 1.658 mm, lebar 1.522 mm dan jarak sumbu roda 2.360 mm. Yang bikin mirip dengan mobil Inggris, ia menggunakan grille dot matrix pada desain muka depan. Kisi-kisi dibingkai dengan trim logam berwarna perak.

Lencana depan pakai elemen biru untuk menonjolkan identitasnya sebagai mobil listrik. Logo kucing khas Jaguar berganti menjadi kuda loncat, bukan jingkrak. Kemudian bumper depan juga dirancang dengan trim perak, untuk meningkatkan citra premium nan bergaya.

Ketika Anda menengok interior, Hanteng Xingfu e + mengadopsi desain dwi warna: hitam dan orange. Konsol tengah mengadopsi tata letak berbentuk T. Kontrol pusatnya seperti yang ada di Wuling Almaz, berukuran 10,4 inci. Sistem infotainment bisa terkoneksi dengan Baidu CarLife, human computer interaction dan Bluetooth. Tersisip pula fitur canggih seperti remote control, remote monitoring, vehicle positioning, electronic fence, vehicle burglar alarm, dan laporan kondisi mobil.

Sekadar info tambahan. Hanteng Auto didirikan pada November 2013. Perusahaan ini berlokasi di zona pengembangan ekonomi dan teknologi, Jiangxi Shangrao. Mereka banyak menghasilkan kendaraan bahan bakar fosil juga elektrik. Dan sebetulnya pabrikan juga berbagi platform serta teknologi bersama Zotye Auto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.