Sukses

Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Komunitas Otomotif Belajar Sejarah Proklamasi

Bersama Indonesia Black Car Community (IBCC), PT Pertamina (Persero), menggelar rolling thunder wisata merah putih 2019

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh tiap 17 Agustus. Salah satunya seperti yang dilakukan Pertamina dengan mengajak komunitas otomotif, untuk mengenalkan sejarah bangsa.

Bersama Indonesia Black Car Community (IBCC), PT Pertamina (Persero), menggelar rolling thunder wisata merah putih 2019. Kegiatan ini, merupakan jelajah sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, yang dikemas dengan konsep fun, family and humanity.

Rangkaian touring yang diikuti oleh sekitar 100 anggota tersebut, dilepas oleh Sales Area Manager Marketing Operation (MOR) III, Teuku Desky Arifin.

"Bersama IBCC, konsep acara sengaja dibuat menyenangkan (fun) bersama keluarga (family) serta dilengkapi dengan kegiatan  kepedulian kepada masyarakat melalui program  CSR, serta upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik (humanity)," jelas Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III , Dewi Sri Utami dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (5/8/2019).

Berbicara tentang lingkungan yang lebih baik, tentunya Pertamina mengapresiasi kepada seluruh konsumen terutama komunitas IBCC yang setia menggunakam BBM Pertamina dengan RON 92 ke atas.

"Langkah ini merupakan wujud nyata dari kesadaran anggota IBCC yang senantiasa menggunakan BBM berkualitas ramah lingkungan," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta-Rengasdengklok

Sementara itu, Ketua IBCC, Agus Supratikno menjelaskan, rangkaian Rolling Thunder Wisata Merah Putih 2019 akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Rengasdengklok.

Rombongan yang dibagi dalam beberapa tim beranggotakan masing-masing keluarga,  melakukan perjalanan napak tilas sejarah dari Jakarta ke Rengasdengklok, Karawang.

Dalam aktivitas tersebut, dilakukan berbagai games edukasi sejarah, product knowledge Pertamina, serta edukasi bijak menggunakan ponsel di SPBU.

"Karena acara kami konsepnya keluarga, selain edukasi sejarah juga kami selipkan pesan Go Green berupa edukasi pelestarian lingkungan dengan aksi penanaman pohon, edukasi budaya dengan permainan angklung dan kegiatan sosial  pemberian bantuan alat sekolah bagi Yayasan Budaya Sunda, yang berada di Rengasdengklok ini," terang Agus.

Jelajah sejarah Rengasdengklok dipilih karena berkaitan erat dengan persiapan Kemerdekaan RI. Tepatnya, pada 16 Agustus 1945 Soekarno dan Hatta, diculik kelompok pergerakan muda ke Rengasdengklok, yang mendesak agar proklamasi Kemerdekaan RI segera dikumandangkan.

Sehari setelah peristiwa tersebut, Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Proklamator Soekarno - Hatta di Pengangsaan Timur, Jakarta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini