Diduga Pakai Filter Diesel Bermasalah, Toyota Kena Tuntut

Oleh Arief Aszhari pada 02 Agu 2019, 20:36 WIB
Ekspor Toyota Indonesia Naik, Fortuner Paling Laris

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara di Australia telah mengajukan gugatan kepada raksasa otomotif, Toyota Motor Corp. Hal tersebut, disebabkan karena beberapa model kendaraan asal Jepang yang cukup laris, yaitu Hilux, Prado, dan Fortuner dilengkapi dengan komponen yang bermasalah.

Menurut sebuah pernyataan di situsnya, Banister Law bersama Gilbert + Tobin mengajukan gugatan di Pengadilan Federal Australia dengan tuduhan beberapa kendaraan Toyota dilengkapi filter Diesel yang rusak.

Dengan penggunaan komponen tersebut, solar tidak akan tersaring dengan baik sehingga menyebabkan jelaga di ruang bakar mesin.

"Kendaraan yang terkena dampak, membutuhkan perbaikan yang memakan waktu, dan mahal. Termasuk perbaikan kendaraan berulang, dan penggantian filter Diesel secara keseluruhan," ujar Bannister Law, dalam pernyataannya yang disitat Reuters, Jumat (2/8/2019).

Sementara itu, terkait tuntutan ini, pihak Toyota Australia sendiri belum memberikan jawaban terkait hal tersebut.

Sebagai informasi, gugatan ini diajukan atas nama pelanggan yang membeli mobil antara 1 Oktober 2015 sampai 26 Juli 2019.

Dalam gugatan tersebut juga, pihak penggugat menuntut kompensasi atas dugaan kerugian dan kerusakan yang diderita tanpa memberikan rincian jumlahnya.

Gugatan tersebut juga menuduh Toyota membuat pernyataan yang menyesatkan, karena kendaraan tidak bisa memberikan kombinasi seperti yang diiklankan, yaitu daya tahan, keandalan, kualitas, kenyamanan dan kemudahan.

2 of 2

Sangar, New Toyota Fortuner TRD Sportivo Tampil Serba Hitam

Improvement dilakukan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada penampilan New Fortuner TRD Sportivo agar lebih gagah
Improvement dilakukan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada penampilan New Fortuner TRD Sportivo agar lebih gagah

Improvement dilakukan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada penampilan New Fortuner TRD Sportivo agar lebih gagah. Memiliki desain baru pada bumper, radiator grille, kap mesin dan roda, mobil disegmen SUV ini hadir dalam pagelaran otomotif GIIAS 2019.

“Berdasarkan survei, pengguna Fortuner juga membutuhkan kendaraan yang tidak hanya tangguh tapi juga nyaman. Oleh karena itu kami menambahkan fitur power back door with kick sensor khusus untuk varian TRD Sportivo,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Penggunaan fitur power back door with kick sensor di bawah bumper belakang diklaim mampu memudahkan akses ke bagasi, menambah sisi kepraktisan New Fortuner TRD Sportivo sebagai mobil penjelajah.

Sebagai mobil SUV penambahan underguard pada bumper depan yang dikombinasikan dengan desain baru pada cover floglamp berwarna krom dinilai mampu menonjolkan karakter dan daya tarik Fortuner TRD Sportivo.

Warna radiator grille dan ornamen kap mesin dibuat menjadi dark chrome. Dari sisi samping, perubahan tampak pada warna alloy wheel dan desain tape stripe serta side visor dengan brand TRD yang juga menggunakan warna hitam.

Lanjutkan Membaca ↓