Benelli Buka Peluang Produksi Harley-Davidson di Indonesia

Oleh Septian Pamungkas pada 31 Jul 2019, 20:06 WIB
Diperbarui 31 Jul 2019, 20:22 WIB
Harley-Davidson

Liputan6.com, Jakarta - Harley-Davidson (HD) dan Qianjiang Motorcycle telah bekerjasama sama untuk memproduksi motor 338cc di Wenling, Cina. Qianjiang sendiri merupakan anak perusahaan Geely yang juga induk Benelli.

Sebagai tahap awal, Harley-Davidson bermesin 338cc ini akan dipasarkan di Cina pada 2020. Jika berjalan sesuai rencana atau dengan kata lain sukses di pasaran, motor ini akan diniagakan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Direktur PT Benelli Motor Indonesia (BMI) Steven Kenjtana Putra telah memastikan siap meniagakan Harley-Davidson "mungil" tersebut di Tanah Air. "Pemasaran motor HD 338cc tersebut melalui networking Benelli worldwide termasuk juga di Indonesia akan melalui saya sebagai APM Benelli Motor Indonesia," katanya.

Saat ini, seluruh produk Benelli yang dipasarkan di Indonesia dirakit di fasilitas perakitan BMI di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Steven menyebutkan, tidak menutup kemungkinan jika HD 338 bakal dirakit di tempat yang sama.

"Bisa banget produk Harley akan diproduksi di pabrik Benelli. Saya punya autorized untuk bisa rakit di sini supaya harga kompetitif. Apalagi mereka (distributor HD) tidak punya pabrik perakitan di sini," ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini fasilitas perakitan Benelli di Indonesia memiliki kapasitas produksi 5.000 unit per tahun. Rencananya, mereka akan menambah pabrik baru di Cibinong dan Karawang dengan menggandeng Kalla Group sebagai rekanan dealer.

Jika rencana ini berjalan mulus, kapasitas produksi Benelli minimal bisa naik dua kali lipat.

2 of 2

Benelli Indonesia Bersiap Jual Harley-Davidson Bermesin Kecil, Ini Bocorannya

Benelli bersiap memasarkan produk terbaru Harley-Davidson (HD) di Indonesia. Hal itu disampaikan langsung oleh Steven Kenjtana Putra selaku Direktur Benelli Motor Indonesia.

"Next year, 2020 akan dipasarkan pertama di Cina setelah itu baru ke seluruh dunia termasuk Indonesia melalui Benelli Motor Indonesia," terangnya kepada Liputan6.com melalui pesan elektronik, Kamis (20/6/2019).  

Dirinya menjelaskan, produk baru yang bakal mereka niagakan adalah model baru yang diproduksi di Cina. Model anyar ini memiliki kapasitas mesin lebih kecil dari produk-produk HD yang tersedia saat ini.

"Harley-Davidson dan Qianjiang Motorcycle controlled by GEELY (Benelli) telah bekerjasama sama untuk memproduksi (motor) 338cc di Wenling, Cina dan akan dijual di seluruh dunia, khususnya Benelli Motor Indonesia akan menjual motor HD kapasitas 338cc dahulu untuk step awalnya," jelasnya.

Menurutnya, dengan diproduksinya model ini di Cina bisa membuat harganya kompetitif. "Dan banyak konsumen di dunia ke depannya bisa membeli motor merk HD," Steven menambahkan.

Dirinya menyebut dalam waktu dekat akan ke Cina untuk mengurus segala sesuatunya. "Saya bulan depan akan meeting di kantor Pusat Benelli QJ-Geely untuk mempersiapkan bisnis tahun 2020 termasuk kerja sama dengan HD/HOG tersebut,"

"Nanti pemasaran motor HD 338cc tersebut melalui networking Benelli worldwide termasuk juga di Indonesia akan melalui saya sebagai APM Benelli Motor Indonesia," tambah Steven.

Sekadar informasi, Qian Jiang Motorcycle (Benelli) berada di bawah naungan Geely, sama seperti Volvo, Proton, dan Mercedes-Benz.

Lanjutkan Membaca ↓