Sukses

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Touring Bersama Komunitas

Berkumpul bersama teman-teman komunitas otomotif menjadi salah satu cara menghilangkan rasa jenuh di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan setiap harinya. Tak jarang, anggota komunitas akan meluangkan waktu untuk bertukar pikiran dan touring bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Berkumpul bersama teman-teman komunitas otomotif menjadi salah satu cara menghilangkan rasa jenuh di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan setiap harinya. Tak jarang, anggota komunitas akan meluangkan waktu untuk bertukar pikiran dan touring bersama.

Menjadi komunitas otomotif yang sudah lama terbentuk dan telah dikenal secara luas di tanah air, Trailblazer Indonesia (TBZI) juga memiliki kegiatan berkala yang diikuti anggotanya, seperti kegiatan pada 29-30 Juni lalu.

Bertempat di Anyer, Jawa Barat, TBZI berbagi pengalaman seputar kendaraan dan tips yang mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat touring bersama.

Berbeda dengan berkendara sendiri, berkendara secara berkelompok membutuhkan kewaspadaan lebih untuk menjaga keamanan bersama. Dituntut untuk dapat bekerja sama dengan anggota lainnya, berikut tips yang dapat dijadikan panduan saat mengadakan kegiatan touring bersama komunitas.

1. Periksa kondisi kendaraan Anda

Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian, seperti lampu, oli, rem, ban, dan air wiper. Tak lupa periksa juga kondisi ban cadangan.

Pastikan bahan bakar penuh dan cukup untuk mencapai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya.

Periksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada salah satu komponen kendaraan. Persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil sebelum touring bersama komunitas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Rencanakan Rute yang Akan Dilalui

Cek rute perjalanan untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaan emergency. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastikan arah yang dituju.

3. Siapkan Barang Bawaan

Bawa barang yang diperlukan untuk memastikan kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi dan perhatikan kapasitas kabin serta bagasi. Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

Jangan lupa siapkan tali pengikat bagasi agar barang tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi. Tak lupa sediakan cemilan atau makanan ringan sebagai teman perjalanan.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Tertib Lalu Lintas

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Karena itu sangat penting untuk menjaga rangkaian dan mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

5. Pastikan Komunikasi Lancar

Saat konvoi menggunakan mobil, keterampilan saat berkendara dengan teratur dan tertib selama perjalanan juga diperlukan. Untuk menjaga kondisi teratur tersebut, komunikasi setiap kendaraan anggota menjadi aspek penting, termasuk navigasi dan koordinasi waktu perjalanan agar berjalan sesuai dengan susunan rangkaian acara.

6. Berhenti di Titik yang Telah Ditentukan

Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang harus difikirkan seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar. Karena itu, panitia harus menentukan titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan SPBU.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.