Sukses

Kepincut Wuling Almaz, Pilih Varian Smart Enjoy atau Exclusive?

Wuling Motors Indonesia menambahkan varian baru Wuling Almaz saat Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Jika sebelumnya hanya ada varian 1 Wuling Almaz, kini ada dua varian utama: Smart Enjoy dan Exclusive.

Liputan6.com, Jakarta PT SGMW Wuling Indonesia (Wuling Indonesia) menambahkan varian baru Wuling Almaz saat Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Jika sebelumnya hanya ada varian 1 Wuling Almaz, kini ada dua varian utama: Smart Enjoy dan Exclusive.

Pilihan beragam menambah keunggulan dalam kancah pertarungan di segmen SUV medium. Apalagi ada varian murah. Harganya lebih terjangkau, setara Low MPV termahal. Bagaimana perbedaan kedua tipe?

Wuling Almaz Smart Enjoy

Dari luar mudah dikenali. Desain pelek beda dengan warna silver semua. Tapi ukurannya sama, 17-inci. Bila melongok ke atapnya, tidak ada panoramic sunroof. Fitur eksteriornya juga dikurangi. Lampu belum LED, melainkan halogen biasa tapi sudah model proyektor. Lampu kabut juga nihil, termasuk Future Eye atau sama juga berfungsi sebagai lampu siang.

Spion tidak bisa terlipat secara elektrik, cukup pengaturan sudutnya saja. Aksen krom juga minim, seperti tidak ada di lis jendela. Selebihnya punya kesamaan dengan varian Exclusive. Seperti antena shark fin dan roof rail.

Almaz Smart Enjoy tidak menawarkan banyak kemewahan di kabin. Material jok terbungkus bahan fabric bukan kulit sintetis. Namun untuk varian ini, konfigurasi standar sudah 7-seater. Fitur mencolok yang dikurangi, tanpa pengaturan jok elektrik di sisi pengemudi, layar monitor 7-inci sebagai Multi Information Display (MID), sunglasses holder, auto AC dan kamera 360.

Beruntung sistem voice command WIND (Wuling Indonesian Command) tetap dihadirkan. Fungsi hiburan dari head unit besar tetap lengkap. Tapi tanpa sokongan sistem audio dari Infinity. Juga minus cruise control, keyless entry berikut tombol start/stop dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Hebatnya, fitur keselamatan sedikit dikurangi. ESC, TCS, HSA, Automatic Vehicle Hold, dan lainnya tetap dipertahankan.

Harga Wuling Almaz Smart Enjoy begitu menggiurkan, tak banyak berbeda dari Low MPV. Yaitu Rp 263,8 juta untuk manual dan Rp 275,8 juta untuk CVT. Bagi Anda yang ingin Almaz transmisi manual, hanya tersedia di varian ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wuling Almaz Exclusive

Tipe ini menjadi peralihan dari Almaz versi awal. Ada dua varian lagi terbagi, konfigurasi 5-seater dan 7-seater. Kelengkapannya sama seperti Almaz yang pertama dikenalkan Februari lalu. Tampilannya lebih mewah dibanding Smart Enjoy. Dihias krom dan memakai pelek 17-inci warna dual-tone. Lampu utama sudah LED, ada fog lamp dan Future Eye LED.

Panoramic sunroof besar menjadi fitur andalan tipe Exclusive. Kabinnya pun menawarkan kemewahan dari balutan kulit sintetis di jok, setir dan door trim. Informasi MID juga enak dipandang melalui monitor 7-inci. Bila melihat setirnya, jumlah tombol lebih banyak untuk tambahan fungsi cruise control. Menyalakan mesin pun tak perlu anak kunci lagi. Cukup kantongi keyless entry dan tekan tombol start/stop engine.

Fitur keselamatan sama seperti Almaz Smart Enjoy, ditambah dua airbag untuk kedua sisi. Memonitor tekanan angin ban mudah dipantau dari TPMS dan dapat tambahan sensor parkir di depan. Harga Wuling Almaz Exclusive 5-seater dibanderol Rp 328,8 juta dan 7-seater Rp 338,8 juta. Terpaut Rp 60 juta lebih dibanding Almaz Smart Enjoy, tapi kelengkapan dan performa ditawarkan setara SUV Rp 400 – 500 jutaan. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.